DestinationEco TourismHeadline NewsTourism

Berpotensi Gunung Agung Erupsi, Lima Negara Terbitkan Travel Advice

Status Gunung Agung di kabupaten Karangasem, Bali yang pekan lalu dinaikan menjadi awas mengundang reaksi beberapa negera. Dari data yang dihimpun redaksi EL JOHN News, sedikitnya ada lima negara yang mengeluarkan himbauan resmi perjalanan atau  travel advice kepada warganya yang hendak atau tengah berada di Bali.

 

Kelima negara itu yakni Singapura, Inggris, Australia, Amerika Serikat,  dan Selandia Baru. Pemerintah di negara tersebut meminta warganya yang berada di Bali untuk selalu mengikuti perkembangan kondisi Gunung Agung melalui media massa dan mengikuti instruksi otoritas setempat.

Himbauan perjalanan terlebih dahulu dikeluarkan oleh tiga negara yakni Australia, Singapura dan Inggirs. Setelah itu,  yang terbaru dua negara yang melakukan hal yang serupa yakni Amerika Serikat dan Selandia Baru.

Sebenarnya, AS lewat kedutaannya di Jakarta sudah memberikan Security Message for U.S. Citizens: Mt. Agung Volcanic Activity.

Mengutip laman id.usembassy.gov pada Senin (25/9/2017) , pesan itu disampaikan oleh US Consulate General di Surabaya yang meminta warga AS yang tinggal atau akan ke Indonesia agar berhati-hati karena status Gunung Agung telah meningkat.

Warga As diminta untuk tidak bepergian ke wilayah sekitar Gunung Agung. Selain itu, memonitor laporan media lokal serta mengecek jadwal bandara jika sewaktu-waktu harus evakuasi.

Kedutaan AS juga meminta warganya untuk memberi kabar keluar atau siapa pun lewat media sosial jika Gunung Agung benar-benar meletus.

Langkah yang sama juga diambil oleh Selandia Baru. Lewat Safetravel.govt.nz, Negeri Kiwi mengeluarkan travel advisory.

Pihak pemerintah meminta warga Selandia Baru yang akan bepergian ke Indonesia untuk mengonfirmasi rencana perjalanan, termasuk membuat asuransi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button