DestinationEco TourismHeadline NewsTourism

Berwisata di Kulonprogo, Harus Mampir ke Dusun Nglinggo

Berkunjung ke Kabupaten Kulonprogo sekarang sudah tidak perlu khawatir akan mati gaya gara-gara bosan, karena sekarang destinasi wisata dan fasilitas penunjang pariwisatanya sudah semakin komplit. Salah satunya adalah Dusun Nglinggo yang berada di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonporogo, yang memiliki potensi besar di bidang pariwisata.

Hanya berjarak 1,5 jam perjalanan dari Bandar Udara Adi Sutjipto di pusat kota Yogyakarta, Dusun Nglinggo menawarkan sensasi berwisata yang dapat semakin mendekatkan kita dengan alam. Dimulai dengan homestay-nya yang sederhana sampai pada pilihan destinasi wisatanya yang beragam tetapi bertema petualangan dan alam.

Menginap Homestay Rimbono

Pilihan paling populer untuk urusan menginap di Dusun Nglinggo tentu saja Homestay Rimbono, selain dikemas sangat sederhana, lokasi homestay yang terletak di pegunungan ini menawarkan hawa yang sejuk dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Diakui pemiliknya, Melky bahwa konsep Rimbono ini dibuat agar wisatawan merasakan nyaman serta langsung menyatu dengan alam sekitarnya.

“Tidak ada konsep khusus dari bangunan ini, saya hanya ingin membuat sebuah tempat menginap yang terlihat menyatu dengan alam dan nyaman untuk ditempati,” ujar Melky.

Berfoto di Puncak Kebun Teh

Berada tidak jauh dari lokasi homestay Rimbono lokasi puncak kebun teh ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin mengabadikan momen mereka berada di Dusun Nglinggo ini.

Menikmati Sunrise di Puncak Bukit Ngisis

Wisatawan yang menginap di Rimbono Homestay perlu bangun sekitar pukul 04.30 pagi guna bergegas menuju ke puncak Bukit Ngisis dan menikmati sunrise. Keberuntungan memanglah salah satu faktor penentu wisatawan dapat meng-capture momen terbitnya matahari dengan jelas tanpa tertutup kabut tebal.

Wisata Off Road Nglinggo

Saat sedang berada di Dusun Nglinggo dan tiba-tiba ingin menguji adrenalin, ternyata sang pemilik Homestay Rimbono, Melky punya jawabannya. Karena kebetulan Melky merupakan salah satu pendiri komunitas 4×4 Off Road di Nglinggo, bahkan Melky dan teman-teman lah yang membuka track khusus off road di dalam hutan pinus yang letaknya tidak jauh dari homestay Rimbono.

Bahkan diakui Melky bahwa track off road di Dusun Nglinggo ini merupakan track terekstrem di Jogjakarta tetapi sekarang sangat aman dinikmati oleh para wisatawan.

“Awalnya tahun 2014, track-nya itu tidak untuk wisata, hanya untuk senang-senang saja. Kebutulan banyak tamu yang menginap ingin mencoba dan akhirnya mereka menyebarkan via sosial media. Sampai akhirnya resmi diperuntukan untuk wisata sejak 2015,” ujar Melky Binaro.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button