DestinationTourism

Berwisata sejarah Kota Metropolitan

34130913-museum gajah

Jakarta merupakan ibukota dari Indonesia sekaligus kota metropolitan yang sangat padat akan penduduk serta sudah banyak gedung yang berdiri. Selain itu Jkarta juga terkenal dengan padat penduduk dan ramaninya kendaaran yang menyebabka tingkat polusi yang tinggi.tapi tidak hanya sampai disitu saja, Jakarta juga memilki beberapa situs sejarah yang dapat anda kunjungi oleh. Baiklah pertama kita kan berangkat ke salah satu tempat yang dapat dikatakan ikon dari Batavia, nama Jakarta tempoe doloe. Nah anda pasti kenal dengan si Pitung, salah satu yang mempelopori gerakan perlawanan terhadap kolonial Belanda. Unytuk mengenal bang Pitung nih anda dapat mngunjungi rumahnya di Marunda Pulo, Cilincing, Jakarta Utara. Nah kalau anda usdah sampai nih, anda bisa mengenal bang Pitung lebih dekat tapi bukan berarti itu rumahnya si Pitung ya. Sebenarnya itu rumah salah satu saudagar yang memeberikan tempat untuk bernaung bagi si Pitung. Kalau mau tahu lebih lengkap lagi anda dapat mengunjungi nih Rumah si Pitung, Jawara Betawi.

pitung02

Selanjutnya kita akan berpindah ke Museum Perumusan Proklamasi. Museum Perumusan Naskah Proklamasi atau disingkat dengan Munasprok adalah gedung yang dibangun sebagai monument peristiwa proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan di Indonesia. Gedung luas tanah 3.914 meter persegi dan luas bangunan 1.138 meter persegi itu pertama kali didirikan pada tahun 1920 dengan gaya arsitektu Eropa. Pada bagian dalam gedung tersebut terdapat ruangan, mebel kuno, dan aksesoris yang menggambarkan suasana serupa peristiwa perumusan naskah proklamasi. Nah anda akan merasakan bagaimana suasana dan atmosfir ketika proklamsi akan terjadi. Wow,, pasti akan memberikan suasana yang beda serta anda akan lebih mencintai Indonesia. Museum ini terletak di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat.

museum perumusan proklamasi4

Bagi anda yang menginginkan untuk lebih mengenal Indonesia dan lebih mencintainya anda dapat mengunjungi Museum Nasional Indonesia yang terletak di jalan merdeka barat, jakarta Pusat. Didirikan sejak tahun 1778, Museum Nasional tercatat sebagai museum tertua di Indonesia dan Asia Tenggara. Tidak hanya yang tertua, museum yang menjadi salah satu simbol kota Jakarta ini juga menjadi museum terbesar di Asia Tenggara. Museum Nasional yang memiliki bangunan bergaya klasik memamerkan lebih dari 140.000 koleksi benda kuno sejak zaman prasejarah. Terdapat banyak baang bersejarah seperti arca dan prasasti. Selain itu, masih ada koleksi benda-benda kebudayaan seperti keramik, tekstil, senjata, uang kuno, diorama, dan berbagai benda kerajinan dari seluruh wilayah di Indonesia.

34130913-museum gajah

Tugu Proklamasi atau Tugu petir adalah tugu peringatan proklamasi kemerdekaan RI. Tugu Proklamasi berdiri di tanah lapang kompleks Taman Proklamasi di Jl. Proklamasi (dahulunya disebut Jl. Pegangsaan Timur No. 56), Jakarta Pusat. Pada kompleks ini juga terdapat monumen dua patung Soekarno-Hatta berukuran besar yang berdiri berdampingan, mirip dengan dokumentasi foto ketika naskah proklamasi pertama kali dibacakan. Di tengah-tengah dua patung proklamator terdapat patung naskah proklamasi terbuat dari lempengan batu marmer hitam, dengan susunan dan bentuk tulisan mirip dengan naskah ketikan aslinya.

tugu proklamasi

Nah bagaimana sekarang, di jamin setelah anda mendatangi tempat bersejarah yang ada di Jakarta anda akan makin cinta deh dengan Indonesia, oh ya kalau boleh saran juga ajak keluarga anda terutama anak-anak agar mereka lebih mengenal dan yang pastinya akan membuat mereka lebih mencintai Indonesia tentunya. Selamat traveling. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button