DestinationHeadline NewsSportsTourism

Bintan Moon Run Tawarkan Sensasi Lari di Bawah Sinar Bulan

Bintan tak pernah kehilangan cara untuk mendulang wisatawan mancanegara (wisman) terutama border tourism. Kini, daerah yang masuk wilayah Kepulauan Riau itu menghadirkan kembali  event unik ajang sport tourism bertajuk Bintan Moon Run (BMR) 2017.

Lomba lari di malam hari dalam suasana terang bulan ini rencananya akan dihelat pada 4 November 2017 di Teluk Lagoi, Bintan Resort. “Sangat menarik dan meriah pastinya. Ini karena Moon Run bukan seperti lomba lari sehari-hari, tapi berlari dalam suasana terang bulan di danau buatan yang akan memberikan pelari dan keluarga nilai lebih dalam rangkaian malam yang menyenangkan, mencerahkan dan menarik,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi.
Lomba yang digelar di Kawasan Treasure Bay yang dilengkapi kolam berkonsep pantai 6,5 hektar terbesar di Asia Tenggara ini diharapkan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara, khususnya Singapura.
“Kami targetkan sedikitnya 1000 peserta akan mengikuti lomba ini, dimana separuhnya kami harapkan peserta dari mancanegara,” lanjutnya.
Perhelatan unik kolaborasi Bintan Resorts dengan Adventure Singapore dan Firefly Connections.ini didukung juga didukung Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar).
BMR 2017 dibagi kedalam tiga kategori yaitu 10 Km Competitive, 2.5 Km Sarong Run dan 1.2 Km Parent & Child Run. Competitive Run jarak 10 km diperuntukkan bagi atlet dari semua tingkatan baik untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman.
”Lomba ini tidak hanya diikuti oleh pelari profesional saja, pelari pemula bisa juga mengikuti Bintan Moon Run 2017,” kata dia.
Sementara itu, Pemilik Firefly Connections Lyndon Yeo mengatakan olahraga lari di malam hari di pinggiran danau buatan kawasan Lagoi Bay ini digabungkan dengan rekreasi dan hiburan musik festival adalah sebuah kemasan yang cantik dan selalu dirindukan wisatawan.
“Kami kolaborasikan lomba lari dengan Soundscape Music Festival. Nantinya para peserta maupun keluarga, teman-teman, serta pengunjung umum lainnya bisa bergabung dalam acara rekreasi dan pesta konser musik Soundscape. Ayo silahkan ke Bintan,” kata Lyndon Yeo.
Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, wilayah Crossborder Great Batam benar-benar menjadi salah satu andalan Kemenpar untuk menggenjot jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.
“Terbukti, di mana-mana crossborder bisa menjadi generator baru untuk menembus wisatawan mancanegara. Nah, Bintan punya semua. Atraksi, amenitas serta akses juga lengkap. Bintan harus terus menjadi pendulang yang produktif,” kata Arief Yahya.
Bintan Resorts telah menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Saat ini ada sepuluh resort pantai independen, empat lapangan golf, serta berbagai fasilitas rekreasi dan atraksi yang berada di dalamnya. Atraksi manmade-nya, seperti sport tourism dan event tourism sangat popular di Singapura dan Malaysia. Nature-nya, sudah pasti memiliki keunggulan dan menjadi komplementer buat Singapura yang tidak memiliki pantai, hutan, bakau, dan bawah laut.
“Dan aksesnya sangat mudah, hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari satu jam dari Singapura. 3A nya sudah oke,  Bintan Moon Run 2017 juga salah satu langkah konkret untuk mendatangkan wisatawan. Sukses untuk Bintan dan terus berinovasi,” kata Arief Yahya. (Sumber Kemenpar)
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button