Eco TourismHeadline NewsTourism

BPDASHL Babel dan Istana Pool Villas & Spa Bangka Gelar Kampanye Pelestarian Lingkungan

Istana Pool Villas & Spa kembali mendapat kepercayaan sebagai tempat diselenggarakannya kegiatan Kampanye Pelestarian Lingkungan Hidup dan Hutan di Pantai Parai Tenggiri, Sungailiat Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Selasa, 16 Mei 2017. Ditunjuknya Istana Pool Villas & Spa sebagai tempat digelarnya kegiatan,  dikarenakan  Istana Pool Villas & Spa merupakan hotel yang terus berkomitmen mengusung konsep Green Hotel dan juga lokasi Istana Pool Villas & Spa yang berada di kawasan wisata pantai Parai Tenggiri yang terkenal akan keindahan pantainya.

Sejumlah kegiatan pelestarian lingkungan selalu dibuat oleh salah satu unit usaha EL JOHN Indonesia ini. Kegiatan berkonsep green campaign itu, antaralain   ” Parai Goes Green” yang digelar pada tahun 2008  dan  bulan Maret 2017 lalu yang menyelenggarakan  gerakan ” EL JOHN Goes Green”.  El JOHN Goes Green ini merupakan kegiatan  penanaman Biopori pertama di Provinsi Kep. Bangka Belitung. Kegiatan-kegiatan tersebut selalu dihadiri puluhan wartawan dari berbagai media.

Kegiatan Kampanye Pelestarian Lingkungan Hidup dan Hutan di Pantai Parai Tenggiri ditandai dengan penanaman pohon Cemara Laut (Casuarina Equisetifolia) di kawasan wisata Pantai Parai Tenggiri. Penanaman ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Bangka yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Meina Lina dan Raden Andik Jaya Prawira alias Kang Andik yg telah dinobatkan sebagai Duta Lingkungan Perwira Rimba Indonesia. Selain itu, kegiatan penanaman pohon ini,  juga dihadiri  Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (BPDASHL) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Bangka Belitung, Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wil XIII Pkp, Holmet ketua Pengda IKA SKMA BABEL, Kepala BPDAS diwakili Pak Taufik Aulia dan Kasi evaluasi Sakhid, SP.

Sekilas tentang Kang Andik. Dinobatkan sebagai Duta Lingkungan Perwira Rimba Indonesia tak membuat Kang Andik kehilangan semangat, justru di usianya yang sudah senja ini, Kang Andik tidak pernah lelah dalam mengkampanyekan pelestarian lingkungan melalui ayunan sepeda. Perjalanan panjang lintas nusantara yang telah dia lalui dengan menggunakan sepeda. Memulai perjalanan sejak 16 September 2014, dari tanah kelahirannya menuju Timur Indonesia (Lintas Jawa-Bali, Lintas Nusa Tenggara, Timor Leste, Lintas Sulawesi, Lintas Maluku Maluku, Lintas Papua) kemudian kembali mengarah ke Barat Lintas Kalimantan dan Lintas Sumatera. Saat ini Kang Andik sudah mengunjungi 30 Provinsi dan 370 Kabupaten/Kota dalam waktu 2 tahun 6 bulan. Provinsi Bangka Belitung menjadi provinsi ke 33 yang didatangi Kang Adik .

Setiap singgah di suatu daerah, selain menemui para alumni SKMA, Kang Andik menyempatkan diri untuk bertemu para gubernur, bupati/walikota, DPRD, Kepala Dinas Kehutanan dan Kepala UPT. Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang ada di daerah tersebut, dalam rangka menyuarakan komitmen pemerintah daerah untuk terus menjaga hutan dan lingkungan agar tidak rusak.

Dipilihanya pohon Cemara Laut karena pohon ini merupakan  tanaman khas pesisir pantai. Selain pohon Cemara Laut juga ada berbagai macam pohon buah seperti mangga, matoa, sirsak, cempedak, nangka, durian.

Selain menyuarakan pelestarian lingkungan, dengan kegiatan penanaman pohon-pohon ini, ,  juga ikut mempromosikan potensi pariwisata Daerah. Diketahui memiliki hamparan pasir  putih yang masih bersih dan batu-batu granit yang alami. Batu-batu tersebut mempunyai ukuran yang cukup besar dan bersifat alami, sehingga makin menambah kesan eksotiknya pantai ini.

 

 

 

 

 

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button