DestinationHeadline NewsTourism

Calendar of Events Pariwisata Bengkulu 2018 Resmi Diluncurkan

Provinsi Bengkulu siap menggelar 13 event pariwisata pada tahun 2018. Kesiapan itu ditandai dengan peluncurkan Calendar of Events (CoE) Pariwisata Bengkulu 2018 di Balairung, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis, 7 Desember 2017. Peluncuran CoE Pariwisata Bengkulu 2018 ini, dilakukan oleh Menteri Pariwisata(Menpar) Arief Yahya dan Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dengan menabuh dol.

Peluncuran berlangsung meriah dengan menghadirkan berbagai hiburan seperti artis Megy Diaz yang membawakan dua buah lagu serta pagelaran tarian  khas Bengkulu. Acara turut dihadiri dua Putri EL JOHN Pageants yakni Putri Pariwisata Indonesia 2017 Astari Indah Vernideani  dan Miss Earth Indonesia 2017 Michele Victoria Alriani.

13 event pariwisata yang bakal digelar Bengkulu diantaranya Bencoolen Tabut Festival (11-21 September), Festival Bumi Rafflesia (Juli), Festival Pesisir Pantai Panjang Bengkulu (November), dan Mountain Valley (3-9 September 2018).

Dalam sambutannya saat peluncuran Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. CeO Pariwisata Bengkulu dapat mendongkrak jumlah wisatawan baik wisatawan nusantara (wisnus) atau wistawan mancanegara (wisman). Untuk mesukseskan hal tersebut butuh promosi grencar-gencaran.

“Berbagai usaha promosi terus kita lakukan untuk mengenalkan Provinsi Bengkulu baik di tingkat nasional maupun mancanegara,” kata Rohidin, dalam sambutannya, Kamis, 7 Desember 201.

CoE Pariwisata Bengkulu 2018 merupakan agenda wisata yang akan digelar sepanjang tahun 2018. Agenda ini terdiri dari 13 event unggulan, di antaranya 3 festival budaya yaitu Festival Tabot, Festival Pesisir Pasir Panjang, dan Festival Bumi Raflesia.

“Tiga festival ini sebagai top 3 dan menjadi andalan dalam mendatangkan wisatawan. Festival Tabot kami perkirakan dapat mendatangkan  75 ribu wisatawan, sedangkan Festival Pesisir Pasir Panjang dan Festival Bumi Raflesia masing-masing 30.000 dan 10.000 wisatawan,” kata Rohidin Mersyah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi diluncurkannya CoE Pariwisata Bengkulu 2018. Hal ini mendukung CoE Wonderful Indonesia (CoE WI) 2018 yang menetapkan 100 premier event dalam rangka mencapai target pariwisata 2018 mendatangkan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 270 juta pergerakan wisatawana nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Menpar berharap event pariwisata di Bengkulu ada yang masuk di 100 premier events Wondereful Indonesia, seperti festival Tabot yang berhasil mendatangkan banyak wisman. “Untuk pemilihan 100 premier event CoE WI 2018 dilakukan oleh tim Curator,” kata Menpar.

Kunjungan wisatawan ke Provinsi Bengkulu mengalami trend meningkat. Tahun 2016 jumlah kunjungan wisman ke Bengkulu sebanyak 848 wisatawan dan wisnus mencapai 491.993 wisatawan.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button