Catat, Ini 5 Tips Mudah Atasi Jerawat Punggung

0

Sumber Foto: Freepik

Jerawat tidak hanya muncul di wajah saja, tetapi juga di bagian tubuh lain seperti punggung. Meski jerawat di punggung tidak terlihat karena memakai pakaian, namun kehadirannya tetap mengganggu.

Munculnya jerawat di punggung bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari keringat yang tidak dibersihkan dengan baik, menggunakan produk perawatan yang ternyata tidak cocok, adanya gesekan antara pakaian yang terlalu ketat dan kulit.

Selain itu, kurangnya menjaga kebersihan tubuh yang dapat menyebabkan sel-sel kulit mati dan kotoran menumpuk, ketidakstabilan hormon, genetik, hingga mengonsumsi obat atau makanan tertentu.

Untuk mengatasi jerawat di punggung, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan.

Jaga Kebersihan Tubuh

Untuk mengatasi jerawat di punggung, kamu perlu menjaga kebersihan tubuh dengan mandi, terlebih bila kamu habis melakukan aktivitas yang menghasilkan banyak keringat seperti berolahraga.

Kamu bisa menggunakan sabun mandi yang bebas minyak atau nonkomedogenik, sehingga pori-pori tidak tersumbat. Selain itu, kamu juga dapat melakukan eksfoliasi menggunakan scrub secara lembut. Namun, bila jerawat di punggung sudah parah, sebaiknya hindari eksfoliasi agar tidak semakin memperparah keadaan.

Gunakan Pakaian yang Tidak Terlalu Ketat

Adanya jerawat di punggung bisa saja diakibatkan oleh pakaian ketat, terlebih pakaian yang kamu gunakan penuh dengan keringat.

Memakai pakaian ketat dapat membuat kulit sulit bernapas dan keringat menjadi tersumbat. Untuk mengatasi hal tersebut, segeralah berganti pakaian terlebih setelah berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat. Tidak hanya itu, gunakan pakaian bersih dan longgar agar kulit kamu dapat Bernapas.

Ikat Rambut

Selain pakaian, rambut juga bisa menjadi pemicu jerawat di punggung. Hal ini dikarenakan kotoran atau debu serta minyak yang menempel di rambut dapat pindah dan masuk ke pori-pori kulit, terlebih bila kamu mempunyai rambut panjang dan sering digerai.

Kamu bisa menguncir rambut ketika beraktivitas, apalagi bila berada di luar ruangan. Jangan lupa untuk keramas secara rutin setidaknya dua kali dalam semingu.

Perhatikan Kebersihan Tempat Tidur dan Handuk

Menjaga kebersihan tidak hanya tubuh, melainkan juga barang-barang di sekitar yang selalu dipakai setiap hari, salah duanya adalah tempat tidur dan handuk.

Seprai dan handuk yang jarang dibersihkan dapat membuat bakteri menumpuk, sehingga memungkinkan munculnya jerawat di punggung. Ganti seprai setidaknya seminggu sekali, serta seminggu 2-3 kali mengganti handuk mandi.

Segera Periksa ke Dokter

Jerawat memang musuh setiap orang. Jerawat tidak hanya ada di wajah, tetapi juga terdapat di punggung. Bila kamu memiliki jerawat di punggung dan sudah melakukan berbagai cara agar hilang, tetapi justru semakin banyak atau parah, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *