Technology

Cleveland Falcon: Motor Listrik Bergaya Neo – Retro

Manufaktur asal Amerika Serikat ini menawarkan Falcon 01 dan yang paling bertenaga yaitu Falcon BLK (Black). Cleveland CycleWerks menunjukkan betapa simpelnya membuat motor listrik, melalui Falcon yang memiliki rancang bangun sederhana.

Jika melihat susunan rangka yang dirakit menjadi sepedamotor ini sangat ssederhana. Hampir semua bagian pada kendaraan dapat dilihat dengan mata telanjang. Artinya para desainer Cleveland CycleWerks memadukan desain motor lawas yang serba telanjang, lalu dipadankan dengan sejumlah fitur modern termasuk baterai dan motor listrik.

Pada varian Falcon 01 hanya mengandalkan sebuah baterai buatan Samsung yakni INR 18650 35E cells. Baterai tersebut dipercaya mampu menggerakkan kendaraan sejauh 120 kilometer dengan model Eco. Terdapat 4 mode berkendara, salah satunya adalah Power, Custom dan Wheelie selain ada Eco.

Tidak ada data lebih lanjut yang menunjukkan kemampuan baterai tersebut. Namun yang pasti untuk varian Falcon BLK menggunakan dua buah baterai sehingga mampu menghasilkan performa dua kali lipat daripada versi 01.

Untuk versi BLK dikatakan kemampuan motor listriknya setara dengan 17.5 hp dan torsi puncaknya sebesar 39 Nm. Meskipun daya tahan baterainya cukup hebat, namun performa kendaraan ini tidak terlalu sepsial yakni hanya 32 sampai dengan 120 km/jam maksimalnya.

Hal lain yang bikin kendaraan menjadi lebih menarik adalah waktu untuk mengisi ulang baterai hanya 30 menit. Dalam waktu yang cukup singkat tersebut baterai sudah terisi penuh 100 persen. Sementara guna mengisi sebanyak 80 persen saja, dibutuhkan waktu hanya 45 menit saja.

Cleveland Cyclewerks Falcon 1 dipasarkan dengan harga Rp 236 juta. Sementara jika konsumen membutuhkan performa layaknya Falcon BLK dapat menambah jumlah baterai seharga Rp 126 juta. Cleveland Cyclewerks di Indonesia sejak awal hadir sebagai motor bahan modifikasi atau custom.

Apa yang dilakukan oleh pabrikan motor asal Negeri Paman Sam ini tidak jauh berbeda. Falcon hadir seperti telah disebutkan sebelumnya yakni bentuknya sederhana.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close