DestinationTourism

Danau Zamrud, Pancarnya Bagaikan Batu Zamrud

danau Zambrud5

Kalau yang sebelumnya kita sudah membahas tentang Taman wisatanya, nah sekarang kita akan melihat Danaunya yang tidak kalah cantik dengan danau yang ada disekitarnya. Destinasi kali ini, memiliki danau unik dengan airnya yang berwarna hitam. Selain itu juga masih sama dengan tamannya yang terdapat dua danau berdampingan yang keduanya memiliki air berwarna hitam, yaitu Danau Pulau Besar dan Danau Bawah. Kedua danau ini terdapat di daerah yang bernama Zamrud, karenanya kedua danau tersebut lebih dikenal sebagai Danau Zamrud. Keindahan kawasan ini makin terlihat bila anda memantaunya dari udara.

Pantulan air berwarna hitam di tengah hutan rawa hampir menyerupai permata zamrud, karena itu kawasan tersebut dinamakan Zamrud. Danau yang berjarak sekitar 180 kilometer dari pusat kota Pekanbaru tersebut, sejatinya bukanlah nama dari sebuah danau, melainkan sebutan yang diberikan oleh penduduk setempat untuk menggambarkan keindahan alam pada dua buah danau seta terlihat berdampingan pada objek wisata tersebut, yakni Danau Pulau Besar serta Danau Bawah.

Kalau anda mnegunjungi kawasan ini, anda akan menemukan berbagai jenis satwa yang langka dijumpai di tempat lain, seperti ikan Arwana emas (schleropages formasus), ikan Balido, harimau Sumatera (pantheratigris sumatrensis), beruang merah (helarctos malayanus), serta beraneka jenis ular. Bahkan kicauan burung Serindit (loriculus galgulus), yang menjadi ikon Provinsi Riau. Di kawasan ini hidup satwa dan tumbuhan langka dan terkenal seperti ikan arwana emas (Schleropages formasus), harimau sumatera (Panthera tigris sumatrensis), beruang merah (Helarctos malayanus) serta berbagai jenis ular. Bahkan di wilayah ini masih bisa dijumpai burung serindit (Loriculus galgulus) yang merupakan bio–indikator lingkungan yang menunjukkan bahwa kawasan Zamrud masih alami dan lestari.

Pesona alam disekitar kedua danau tersebut sungguh masih begitu alami dan dipenuhi oleh berbagai jenis pepohonan khas hutan tropis. Suasana alam tersebut mampu memberikan kesan yang sangat eksotik. Udaranya yang sejuk dan bersih, serta jauh dari hiruk pikuk penduduk dan kebisingan kota, dapat dijadikan sebagai tempat alternatif bagi pengunjung untuk melepas penat atau sekadar untuk mencari inspirasi. Keunggulan kawasan ini terletak pada perpaduan konsep Taman Nasional Ujungkulon di Provinsi Banten dan Danau Toba dengan Pulau Samosirnya yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara.

Memasuki kawasan ini setiap pengunjung akan merasakan suasana segar dan nyaman dengan pemandangan pohon–pohon khas hutan rawa di sepanjang jalan. Hal ini disebabkan karena anda telah memasuki kawasan hutan rawa primer di atas lahan gambut. Yang mana hutan rawa primer itu berada di ketinggian 100–200 meter dari permukaan air laut. Nah, pemandangan yang paling indah dan menjadi daya tarik pada Danau Zamrud, yakni empat buah pulau terapung berukuran kecil yang disebut juga dengan nama Pulau Hanyut.

Berada ditengah-tengah danau, Pulau tersebut, terlihat seperti ikut menghiasi panorama alam yang disajikan oleh objek wisata alam Danau Zamrud. Salah satu kegiatan yang tidak boleh untuk kita lewatkan ketika berkunjung dan berwisata, yakni menikmati keindahan alam yang disajikan oleh kedua buah danau tersebut, dikala senja atau ketika matahari mulai tenggelam dan anda melihat Danau Zamrud dari udara, akan terlihat pantulan air berwarna hitam yang berada di tengah hutan rawa dan sumur bor minyak bumi hampir menyerupai permata Zamrud. Pada sore hari, saat matahari mulai terbenam, para penghuni kawasan ini, seperti burung elang, kera dan bahkan harimau, mulai menampakan diri satu persatu.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button