DestinationTourism

Destinasi Wisata Di Banten Dikunjungi 61.950 Wisatawan Selama Libur Lebaran

Dinas Pariwisata Provinsi Banten mengatakan bahwa jumlah wisatawan yang berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Provinsi Banten selama musim libur Lebaran 2017 mencapai angka 61.950 orang. “Yang banyak diminati itu wisata pantai. Paling banyak ke Kabupaten Pandeglang, di sana ada 21 titik pariwisata pantai. Di Kabupaten Serang ada 17 titik dan di Kabupaten Lebak ada empat titik,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nur pada Selasa 4 Juli 2017.

Eneng mengatakan selain berlibur ke pantai, para wisatawan yang melakukan kunjungan ke Banten pada tahun ini tujuannya adalah tempat seperti wisata religi di wilayah Banten Lama, Curug, dan kebun teh yang berada di Kecamatan Cibeber.

Menurut Eneng berdasarkan data yang masuk ke Dinas Pariwisata, masa tertinggi kunjungan wisatawan yang berlibur ke Banten adalah pada 28 Juni 2017. Data tersebut dihimpun sejak 25 Juni hingga 2 Juli 2017.

“Kalau membandingkan dengan data tahun lalu, saya belum bisa pastikan tahun ini naik atau tidak. Saya belum buka lagi data dari tahun kemarin,” jelas Eneng.

di kawasan wisata pantai Anyer sampai Cinangka mendapatkan jumlah wisatawan sebesar 22.750 orang. Lalu di Pantai Carita yang biasanya menikmati suasana pantai di pantai Matahari sampai Pantai Caringin jumlah wisatawan tercapai 20.700 orang.

Sedangkan di kawasan Pantai Tanjung Lesung antara Panimbang hingga Batu Hideung kunjungan wisatawan mencapai 6.500 orang. Kawasan Pantai Binuangen dan Cikeusik wilayah perbatasan antara  Kabupaten Pandeglang dan Lebak mendapatkan kunjungan wisatawan sebesar 500 orang.

Sedangkan kawasan Pantai Bagedur dan sekitarnya di Kabupaten Lebak, kunjungan wisatawan mencapai 3.600 orang, dan kawasan Pantai Sawarna informasi terakhir kunjungan wisatawan mencapai sekitar 7.900 orang.

Kepala Bidang Promosi Wisata pada Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olah Raga (Disparpora) Kota Serang yaitu Nursalim melihat bahwa kunjungan wisatawan yang datang ke wisata religi Banten Lama melonjak dari tahun sebelumnya.

Bahkan rata-rata per harinya bisa mencapai 3 sampai 4 ribu pengunjung. Kunjungan tersebut merupakan berasal dari wisatawan lokal dan nasional.

“Banyak sekali wisatawan yang datang dari luar wilayah banten. Setiap hari tidak kurang dari 20 bus yang masuk, belum mobil pribadi yang datang ke kawasan Banten Lama,” jelas Nursalim. Padahal di hari biasa, kunjungan wisatawan hanya berada dikisaran seribu sampai dua ribu. Ini merupakan peningkatan dimana wisatawan sudah terlihat sejak H+1 Idul Fitri.

“Untuk tahun ini karena liburnya panjang, di Banten Lama setiap hari lebih dari tahun sebelumnya, mungkin sehari-hari rata-rata bisa mencapai 3.000 sampai 4.000 orang,” papar Nursalim.

Tidak hanya Banten Lama, para wisatawan yang ke Kota Serang biasanya mengunjungi Pulau Burung yang terletak di Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. namun tempat ini masih dibatasi untuk menjaga habibat burung. “Belum semua diizinkan masuk, takut menganggu habitat,” kata Nursalim.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button