DestinationHeadline NewsTourismTravel

Disparbud Malang Akan Luncurkan Peta Wisata

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang segera meluncurkan peta wisata untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan. Peluncuran peta wisata tersebut, selaras dengan program branding wisata yang mengusung slogan “Malang Kabupaten The Heart of East Java”.

Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara SH MSi mengatakan, peta wisata tersebut  dirancang berbentuk digital maupun kertas seperti peta pada umumnya. “Peta wisata tersebut sudah kami kenalkan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter,” ujarnya kepada Malang Post, kemarin.

Dia menjelaskan, melalui peta wisata itu merupakan panduan bagi wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Malang. Setidaknya terdapat puluhan obyek wisata ditampilkan di Peta Wisata tersebut. Seperti Pantai Balekambang, Pantai Ngliyep, Desa Wisata Ngadas, Desa Wisata Pujon Kidul, Wendit Water Park (WWP) hingga Candi Singosari.

“Selain itu, kami juga menampilkan beberapa tempat wisata kuliner, pusat oleh-oleh, hotel maupun penginapan di peta wisata tersebut,” kata mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang ini. Menurutnya, Peta Wisata berbentuk peta kondisi geografis daerah terluas di Provinsi Jawa Timur tersebut.

Untuk mempermudahkan wisatawan, kata dia, maka juga terpampang sejumlah nomor telefon pengelola wisata. Baik itu obyek wisata yang dikelola pemerintah, desa, masyarakat, perhutani hingga Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Termasuk alamat obyek wisata juga dipampang di peta wisata tersebut.

“Melalui peta wisata ini, mempermudah wisatawan untuk menuju sejumlah obyek wisata di Kabupaten Malang,” kata pria asal Pulau Dewata ini. Menurutnya, Peta Wisata tersebut, akan disebar di sejumlah tempat strategis. Seperti stasiun, terminal, bandara, hotel, agen perjalanan wisata dan Turist Information Center (TIC).

“Bila wisatawan masih kesullitan, maka bisa mendatangi sejumlah TIC yang tersebar di berbagai daerah,” kata dia. Lebih lanjut dia menjelaskan, pihaknya juga getol menyebar Peta Wisata di sejumlah media sosial. Lantaran media sosial merupakan sarana yang tepat untuk mempromosikan pariwsata dan Peta Wisata tersebut.

Melalui Peta Wisata tu, dia juga berharap akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Malang. “Kami memiliki target kunjungan wisatawan sebesar lima juta orang per tahunnya. Pengembangan pariwisata ini, sesuai dengan salah satu dari tiga prioritas pembangunan melalui RPJMD Kabupaten Malang,” pungkasnya

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button