Technology

Dubai Miliki Robocop Sungguhan Untuk Bantu Pelayanan Masyarakat

Anda pasti sudah mengenal Film Robocop. Film fiksi yang menceritakan  keberhasilan polisi robot  memberantas kejahatan itu terbilang sukses, karena filmnya  sempat booming di dunia. Bahkan film yang pernah tenar di era 90-an itu pernah diperbarui di tahun 2014 dengan teknik bertempur yang cukup matang. Namun kini  keberadaan robocop tidak lagi di dunia film, namun sudah dapat dijumpai di Dubai, Uni Emirat Arab.

Negara penghasil minyak itu kini memiliki robocop sesungguhnya  untuk membantu masyarakat.  Seperti yang dikutip daily mail, Rabu 24 Mei 2017, robot dengan tinggi sekitar 1,6 meter itu akan bertugas menerima laporan kriminal dari masyarakat, termasuk urusan tilang lalu lintas.

Meski baru sebatas regulator, namun Robot polisi ini dipastikan akan diberdayakan untuk membantu personel kepolisian. Jumlah robot polisi ini terbilang banyak yakni sebanyak 25 persen dari jumlah seluruh personel polisi di Uni Emirat Arab.

Untuk memaksimalkan pelayanannya kepada  masyarakat, robot tersebut  mampu menggunakan enam bahasa berbeda dan juga  mampu membaca raut wajah manusia. Raut wajah manusia akan terdeteksi dikejauhan 20 meter. Wow benar-benar seperti robocop di film. Selain itu, tersedia pula layar sentuh di bagian dada yang dapat digunakan masyarakat untuk melaporkan tindak kejahatan.

“Peluncuran operasional Robocop pertama di dunia ini menjadi tonggak bersejarah bagi Uni Emirat Arab sekaligus mewujudkan visi Dubai sebagai pemimpin global dalam adopsi teknologi untuk kota pintar,” ujar Brigadir Jendral Khalid Nasser Al Razzouqi, Direktur Jendral dari Smart Services di Dubai.

Robot ini juga memiliki mikrofon yang terhubung langsung dengan pusat layanan kepolisian Dubai. Adapun pihak yang turut berkontribusi dalam pengembangan robot polisi ini adalah Watson, superkomputer dari IBM dan Google.

Sebagai informasi, purwarupa dari robot ini pertama kali dipamerkan saat gelaran GITEX di Dubai World Center pada Oktober 2016. Ketika itu, robot ini dikembangkan untuk membantu turis di jalanan dan pusat perbelanjaan Dubai.

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button