Headline NewsTourism

Dukung Kebangkitan Sektor Pariwisata, IHH Gelar Indonesia Hidden Heritage Week 2021

 Pandemi Covid-19 bukan menjadi hambatan bagi  Indonesia Hidden Heritage (IHH) dalam mengembangkan dan mempromosikan wisata Heritage di Indonesia. Pada tanggal 21-30 Oktober, IHH berkolaborasi dengan 50 institusi akan menyelenggarakan Festival Indonesia Hidden Heritage Week (IHHW) 2021 bertema ‘Mengungkap Potensi Wisata Sejarah Indonesia’.

Tema ini selaras dengan semangat kebersamaan para insan pariwisata dalam menggali potensi dan memperkenalkan wisata sejarah yang ada di Indonesia. Selain itu, festival ini merupakan bentuk komitmen IHH dalam mendukung tahun kebangkitan pariwisata pascapandemi COVID-19 yang dicanangkan tahun ini oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada akhir 2020 lalu.

Founder Indonesia Hidden Heritage sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Hidden Heritage Week 2021, Nofa Farida Lestari mengatakan wisata sejarah tidak kalah menarik dengan jenis wisata lainnya yang mampu mendatangkan wisatawan mancanegara.

 “Nilai sejarah dan budaya pada sektor pariwisata perlu digali dan dikelola dengan benar karena dapat menjadi daya tarik bagi turis. Perencanaan dan pengelolaan wisata sejarah yang efektif juga akan menciptakan kepuasan wisatawan selama serta setelah mengunjungi destinasi wisata heritage,” papar Nofa dalam siaran persnya yang  diterima Redaksi EL JOHN News, Kamis (07/10/2021).

Diferensiasi serta upaya perbaikan berkelanjutan juga perlu dilakukan untuk membangun keunggulan kompetitif dan loyalitas wisatawan. Sejarah, adat istiadat, serta seni dan tradisi yang diturunkan dari generasi ke generasi bisa menjadi komponen diferensiasi dalam memberikan pengalaman autentik dan unik kepada wisatawan.

Di tengah pandemi seperti sekarang serta untuk mematuhi imbauan pemerintah untuk jaga jarak, festival diselenggarakan secara online. Festival ini juga akan dibuka oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekfraf), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) serta Kantor Staf Presiden (KSP)  pada Kamis, 21 Oktober 2021 dan diisi dengan rangkaian kegiatan online berupa webinar bertajuk ‘Situs-Situs Warisan Dunia di Indonesia’, Virtual Tour Situs Pertambangan Batubara Ombilin dan Virtual Tour Jelajah Kuliner Tanah Papua.Festival Indonesia Hidden Heritage Week 2021 menampilan berbagai macam program yaitu talkshow dengan lintas institusi untuk pengembangan berbagai tema wisata heritage, virtual tour ke berbagai destinasi wisata sejarah, temu sapa dengan komunitas wisata heritage dari berbagai daerah, nonton bareng film dokumenter, workshop pembuatan dan pengembangan produk heritage, Museum and Galleries Live Talks, serta ditutup dengan Heritage Tourism Development Forum dan Rendevouz di Maison Weiner.Festival menyasar kalangan umum, komunitas wisatawan domestik, jaringan wisatawan internasional, organisasi internasional dan kedutaan besar, institusi pendidikan, organisasi budaya dan sejarah, media wisata dan pelaku bisnis perhotelan.

Melalui Indonesia Hidden Heritage Week 2021 diharapkan seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata Tanah Air dapat membangun narasi positif untuk mendorong kebangkitan wisata sejarah dan budaya serta memberi manfaat ekonomi.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close