CultureDestinationTourism

Festival Bakar Tongkang, Tawarkan Sensasi Berbeda

Festival Bakar Tongkang 2017 di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, 10-11 Juni dijamin bakal seru abis. Selain event utama Bakar Tongkang, ada juga destinasi-destinasi wisata di sana yang layak dikunjungi. Yang penasaran, silakan arahkan pandangan ke Pulau Jemur.

“Kalau ke Bakar Tongkang harus ke Pulau Jemur juga. Rugi kalau nggak ke sana,” tutur Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Rohil Ali Asfar, Sabtu (10/6).

Kebetulan, momentumnya pas. Wisman dan wisnus sedang menyerbu Bagan Siapi-Api untuk menyaksikan Bakar Tongkang. Jumlahnya pun sangat banyak. Cerminannya terlihat dari hotel-hotel dan berbagai jenis penginapn yang sudah habis terbookng.

“Kami akan membuka Trayek jalur wisata Tour Pulau Jemur. Silakan buktikan keindahan panoramanya,” tambah Ali.

Trayek yang dibuka itu akan men-cover perjalanan  Pergi Pulang (PP) dengan kapal ferry. Dan ongkos yang dibebankan hanya Rp 280 ribu.

“Lama perjalanan kurang lebih 2 jam,,” ujar Kadisparpora Ali.

Ali Asfar menambahkan, keberangkatan trayek Tour Pulau Jemur akan berakhir saat selesainya acara Bakar Tongkang.

Nama Pulau Jemur sendiri  lekat dengan istilah ‘Pak-ku’ yang dalam bahasa Hokkian berarti penyu dari utara. Istilah ‘Pak-ku’ hingga kini masih sering digunakan oleh para nelayan pesisir Riau.

Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain, Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil lainnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button