Gua Batu Cermin, salah satu keindahan yang tersembunyi di Indonesia

0

batu-cermin-2

Dari pergerakan bumi dan segala aktivitasnya, salah satu hal yang terbentuk adalah gua. Gua adalah lubang pada batuan besar, bisa di gunung, di tebing, atau sejenisnya. Yang menarik dari gua adalah dia juga merupakan pencerita sejarah yang sangat hebat. Tidak hanya sejarah dari bumi sendiri tetapi sering kali di dalam gua terdapat jejak-jejak kehidupan masa lampau. Kita tahu manusia jaman dahulu mempergunakan gua sebagai tempat tinggal. Mereka lalu meninggalkan peralatan mereka di sana, kadang mereka menggambar dinding-dinding gua, ada pula sisa-sisa makanan yang tertinggal, dan bahkan tulang belulang mereka sendiri masih ada di dalam gua.

Batu Cermin, sebenarnya adalah sebuah terowongan atau gua di bukit batu yang gelap di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Sinar matahari masuk ke dalam gua melalui lubang dan kemudian memantul di dinding batu yang seolah-olah merefleksikan cahaya kecil ke area lain di dalam gua seperti sebuah cermin. Itulah sebabnya tempat ini disebut batu cermin. Gua ini terletak di sebelah timur pelabuhan Labuan Bajo sekitar empat kilometer dari pusat kota. Gua ini memiliki hutan di mana Anda dapat menemukan kera ekor panjang dan babi hutan. Biro perjalanan menjual paket wisata ke Batu Cermin sebagai bagian dari program tur kota Labuan Bajo. Setiap hari, ada 2-3 penerbangan dari Bali ke Labuan Bajo oleh TransNusa, IAT (Indonesia Air Transport), dan Merpati. Selain itu, ada dua kali penerbangan seminggu dari Kupang. Perahu motor antar pulau dari Sape di Nusa Tenggara Barat juga tersedia setiap hari (bila cuaca memungkinkan) dan kapal Pelni dari Bali dan Lombok berhenti di sini setiap dua minggu.

Anda dapat mengunakan mobil sewaan atau mobil travel dari bandara Labuan Bajo ke setiap tempat di daratan Flores. Tingkat harga tergantung pada negosiasi Anda, tetapi saat ini harga sebesar Rp 500.000 per hari. Hotel tempat Anda menginap dapat membantu Anda menemukan sebuah mobil sewaan. Untuk perjalanan Anda dalam kota, bemo (angkutan umum tradisional) dan taksi motor yang tersedia, hanya beroperasi sampai pukul 21:00. Jika Anda ingin mengunjungi pulau-pulau terdekat, seperti ke Taman atau Rinca, Anda dapat menyewa kapal motor dan speedboat yang tersedia di pelabuhan. Hampir semua tempat menarik di Labuan Bajo terletak di pulau-pulau yang menghadap ke pelabuhan ini. Kebanyakan pulaunya kosong dan Anda dapat pergi ke sana untuk berjemur, menyelam atau snorkeling. Pulau Bidadari memiliki pantai yang indah untuk berjemur. Lautnya cocok untuk snorkeling dan menyelam. Kepulauan Kanawa dan Pulau Kukusan Kecil juga cocok untuk snorkeling dan menyelam. Selain itu, pulau Serayu juga memiliki pasir putih dan karang yang indah.

Gua batu cermin adalah gua atau terowongan yang terdapat di bukit batu yang gelap di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas gua ini 19 hektar, dan tingginya sekitar 75 meter. Sinar matahari masuk ke gua melalui dinding-dinding gua, dan memantulkan cahayanya di dinding batu sehingga merefleksikan cahaya kecil ke areal lain dalam gua sehingga terlihat seperti cermin. Stalagtit dan stalagmit dalam gua terlihat berkilauan saat disinari cahaya senter maupun cahaya matahari. Kilauan ini disebabkan oleh kandungan garam di dalam air yang mengalir di saat turun hujan. Hal inilah yang membuat masyarakat sekitar menyebut gua ini denga gua batu cermin. Gua batu cermin ditemukan oleh Theodore Verhoven, seorang pastor Belanda sekaligus juga sebagai seorang arkeolog. Gua tersebut ditemukan pada tahun 1951. Verhoven mengemukakan bahwa dahulu Pulau Flores berada di dasar laut. Pernyataan ini berdasarkan temuan koral dan fosil satwa laut yang menempel di dinding gua seperti fosil kura-kura. (arf)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *