SportsTourism

Gunung Bawakaraeng,

Gunung Bawakaraeng

Gunung Bawakaraeng berada di wilayah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Di lereng gunung ini terdapat wilayah ketinggian, Malino, tempat wisata terkenal di Sulawesi Selatan. Secara ekologis gunung ini memiliki posisi penting karena menjadi sumber penyimpan air untuk Kabupaten Gowa, Kota Makassar, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Sinjai. Gunung berketinggian 2.830 mdpl yang berada di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan ini menjadi salah satu gunung favorit pendaki Kota Makassar dan sejumlah kabupaten di Sulawesi Selatan selain Gunung Lompobattang. Jaraknya sekitar 75 Km dari Kota Makassar. Di lereng gunung ini ada Malino, tempat wisata berhawa sejuk.

Ada beberapa rute menuju puncaknya. Rute yang sering digunakan pendaki lewat Desa Lembanna yang berada di ketinggian 1400 mdpl. Waktu tempuh sampai puncaknya sekitar 6 – 8 jam. Pemandangan dari puncaknya antara lain panorama laut dan Kota Makassar di arah Barat dan Gunung Lompobattang di arah Selatan. Obyek alam menarik di dekat basecamp desa terakhir, antara lain Air Terjun Lembanna yang berair dingin. Pendakian dimulai Pos 1 Bawakaraeng yang ketinggian mencapai 1650 Mdpl, pendakian terus landai hingga mencapai Pos 2, diperlukan waktu tak lebih dari 1 jam perjalanan, disini tersedia mata air yang mengalir. Perjalanan belum terlalu mendaki, masih landai dan mulai masuk vegetasi hutan khas Sulawesi, waktu tempuh tak berbeda dengan dari Pos 1 ke Pos 2.

Di pos 3 juga tersedia mata air dan bisa mendirikan tenda. Pos 4 di tempuh dalam waktu lebih dari 1 jam perjalanan dan perjalanan di lanjut hingga Pos 5, di pos 5 terdapat mata air, hanya saja lumayan jauh. Biasanya Pos 5 digunakan untuk bermalam. Dari Pos 5, perjalanan mulai mendaki dan sepanjang perjalanan akan melewati pohon – pohon yang tumbang karena dari Pos 5 – 6, hutannya habis terbakar, kalau mendaki malam hari sebaiknya berhati – hati, karena disini biasanya pendaki sering tersasar, karena jalur tak begitu terlihat. Ketika tiba di Pos 6, perjalanan masih melalu hutan yang lumayan lebat, perjalanan terus melandai dan mulai mendaki dan hutan mulai menghilang berganti vegetasi hutan yang berbeda dan setelah 2 jam perjalanan, akan tiba di Pos 7, yang punya ketinggian 2710 Mdpl.

Di Pos 7 pemandangan sangat indah dan lumayan terbuka. Dipos 7 inilah yang sering terjadi badai. Dari Pos 7 menuju Pos 8, jalur mulai naik turun, di sepanjang jalur ini terdapat 2 kuburan dan ada pula In – memoriam pendaki yang tewas, setelah melewati 2 bukit yang punya ketinggian rata – rata 2700 Mdpl, jalur akan menurun dan tiba di Pos 8, disini tersedia mata air, dan biasanya pendaki bermalam disini baru keesokan paginya menuju puncak Bawakaraeng. Pemandangan rumput savana dan puncak Bawakaraeng, terlihat dari pos 8 ini, suhu pada malam hari antara 8 – 10 derajat. Setelah melewati padang savana dan ada kebun Edelweis maka akan Pos 9 di tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan, di pos 9 juga bisa digunakan untuk mendirikan tenda.

Pos 10 adalah Puncak Gunung Bawakaraeng. Untuk mencapai puncak Bawakaraeng, tidaklah terlalu sulit, walaupun sedikit mendaki. Setelah menempuh kurang lebih seper dua jam perjalanan, maka akan tiba di Puncak Bawakaraeng. Sebaiknya sebelum menuju puncak perhatian kondisi alam di puncak, terkadang angin bertiup lumayan kencang. Rute alternative bisa juga menggunakan jalur lintas, yaitu melewati lembah Rama, dari Pos 1 ada percabangan jalan, ambil jalur kanan dan tembus di Pos 8, jalur ini lumayan panjang dan melewati lembah yang lumayan luar, bisa melihat Air Terjun Taka Palu yang punya ketinggian 50 meter.

Pendakian bisa juga lintas ke Gunung Lampobattang melalui puncak Gunung Bawakaraeng dan turun di Kabupaten Gowa, menurut informasi dibutukan waktu 3 hari perjalanan. Dusun Tassoso’ terletak disebelah Timur Laut puncak Gunung Bawakaraeng. Daerah ini yang berda tepat dibawah kaki gunung ini dan berada pada ketinggian 1.320 Mdpl. Mata pencaharian penduduknya adalah bertani. Curah hujan rata – rata adalah 78.7mm / tahun dengan suhu udara minimum 15°C dan maksimum 27°C. (arf)

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button