EconomicFoodHeadline News

HKTI Malut dan Pemerintah Pakistan Bahas Penguatan Kerja Sama di Sektor Pertanian

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Maluku Utara bertemu  Perwakilan Kementerian Pertanian Pakistan dan Kamar Dagang Pakistan untuk membahas penguatan kerja sama kedua belah pihak di sektor pertanian. Pertemuan ini,  dilakukan di event   Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) Tahun 2020 yang dilangsungkan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta,  Jumat sore (13/3/2020)

Dari pihak Maluku Utara, pertemuan tersebut dihadiri antara lain Kelapa Dinas terkait di Provinsi Maluku Utara dan Pengurus HKTI  Maluku Utara.  Pembahasan  kerja sama ini, merupakan kelanjutan dari bahasan yang dilakukan kedua belah pihak saat HKTI Maluku Utara yang mewakili Indonesia,  mengikuti pameran pertanian di Pakistan beberapa waktu lalu.

Sekretaris HKTI Provinsi Maluku Utara, Ronal CH mengatakan saat mengikuti pameran pertanian di Pakistan, pihak Pakistan tertarik dengan rempah-rempah dari Maluku Utara. Dari situlah, pembahasan berlanjut di event ASAFF ini.

Selain itu, pembahasan kerja sama ini, juga untuk memperkuat hubungan Maluku Utara dengan Pakistan, yang sebelumnya sudah ada kerja sama di sektor pertanian.

“Kami mengundang dari pihak Pakistan untuk datang ke sini untuk membahas kerja sama itu, dan mereka mau untuk datang ke sini,” kata Ronal kepada tim liputan El John News.

Menurut Ronal, Pakistan menjadi pasar yang cukup menggiurkan bagi Maluku Utara, pasalnya banyak  rempah-rempah dari  Maluku Utara yang diterima masyarakat Pakistan.

“Saat ini, sudah ada kopra putih yang sudah diekspor, sama rempah-rempah, cengkeh dan sama bunga pala serta kayu manis,” ujar Ronal.

Lebih lanjut Ronal mengungkapkan dalam waktu dekat kerja sama ini, akan ditandatangani oleh Duta Besar Pakistan untuk Indonesia dan Pihak HKTI Provinsi Maluku Utara dalam waktu dekat.

“Saat ini sedang disusun draft kerja sama yang disepakati kedua belah pihak untuk ditandatangani Duta Besar Pakistan dan pihak kami,” ungkap Ronal.

Sementara itu, Project Coordinator Goverment of the Punjab Kashif Jamshed mengatakan, pihaknya memilih Maluku Utara untuk kerjasama karena produk pertanian di Maluku Utara bermutu dan memiliki kualitas tinggi, dan itu, dibuktikan dengan kerja sama sebelumnya yang pernah disepakati kedua belah pihak.

“karena kami sebelumnya sudah memiliki hubungan dengan Maluku Utara,  maka kami bertemu untuk mempererat hubungan agar tetap konsisten dalam hubungan selanjutnya,” kata Kashif dalam bahasa Inggris

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close