HUT Terakhir Jokowi sebagai Presiden, Istana Pastikan Tak Ada Acara Perayaan

0

Presiden Joko Widodo merayakan ulang tahunnya yang ke-63 pada Jumat (21/6/2024), tanpa menggelar acara khusus. Ulang tahun kali ini menjadi yang terakhir selama masa jabatannya sebagai Presiden RI, karena pada 20 Oktober 2024, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut akan mengakhiri masa kepemimpinannya yang telah berlangsung sejak 2014.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menjelaskan bahwa Jokowi memang tidak pernah merayakan ulang tahun secara khusus. “Bapak Presiden tidak pernah merayakan ulang tahun secara khusus. Ini bukan karena alasan tertentu, melainkan karena memang bukan kebiasaan beliau,” kata Ari, Jumat (21/06/2024).

Menurut Ari, pada hari ulang tahunnya ini, Jokowi tetap menjalankan tugas-tugas kenegaraannya seperti biasa di Istana Merdeka. “Tidak ada acara spesial. Bapak Presiden tetap beraktivitas seperti biasanya,” ujar Ari.

Pada tahun 2023, Jokowi pernah mengungkapkan alasan tidak pernah merayakan hari lahirnya. Ia menjelaskan bahwa sebagai orang desa, perayaan ulang tahun bukanlah tradisi yang diikuti keluarganya. “Saya enggak pernah merayakan ulang tahun. Saya orang desa, dari kecil hingga sekarang, tidak pernah ada perayaan ulang tahun,” kata Jokowi.

Joko Widodo lahir pada 21 Juni 1961 di Surakarta (Solo), Jawa Tengah. Ia merupakan Presiden ke-7 Republik Indonesia dan telah menjabat sejak 20 Oktober 2014. Jokowi adalah anak sulung dari pasangan Noto Miharjo dan Sujiatmi Notomihardjo, dan memiliki tiga adik perempuan: Lit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati.

Pada tahun 1986, Jokowi menikah dengan Iriana, yang merupakan pacarnya sejak masa kuliah. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai tiga anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Saat ini, Jokowi dan Iriana telah memiliki lima orang cucu.

Meskipun tidak merayakan ulang tahun secara khusus, berbagai ucapan selamat tetap mengalir untuk Jokowi dari berbagai kalangan, termasuk pejabat pemerintah dan masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun sederhana, momen ulang tahun Jokowi tetap memiliki makna dan dihargai oleh banyak orang. Sebagai presiden, Jokowi telah memberikan banyak kontribusi bagi bangsa, dan dedikasinya terus dikenang oleh rakyat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *