BusinessEconomicInvestment

ICBC dan Delegasi Pemerintah Kota Zhengzhou Jajaki Kerja Sama Multi Sektor

Indonesia China Business Council (ICBC) menerima kedatangan delegasi Pemerintah Kota Zhengzhou, Provinsi Henan, Tiongkok di kantor ICBC, Plaza Maspion, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Selasa (14/05/2024).

Kedatangan delegasi ini dipimpin oleh Mr. Ma Zhingfeng dan diterima dengan hangat oleh pengurus ICBC di antaranya Ketua Harian ICBC Ali Husein dan Wakil Ketua Harian ICBC Hasan Kosasih Ko.  

Dalam pertemuan ini, delegasi Pemerintah Kota Zhengzhou memaparkan potensi-potensi yang miliki Kota Zhengzhou yang nantinya dapat dikerjasamakan, seperti sektor perkeretaapian

Zhengzhou menjadi rumah bagi beberapa pabrik besar yang berfokus pada perbaikan lokomotif dan sarana perkeretaapian. Pabrik-pabrik ini memainkan peran penting dalam memastikan operasional yang lancar dan efisien dari armada kereta api yang melayani berbagai rute di Tiongkok. Dengan teknologi canggih dan tenaga kerja terampil, pabrik perbaikan di Zhengzhou mampu menangani berbagai jenis perbaikan, mulai dari perawatan rutin hingga overhaul besar, yang diperlukan untuk menjaga kelayakan operasional kereta api.

Potensi ini tidak hanya berkontribusi pada ekonomi lokal tetapi juga memperkuat jaringan transportasi nasional dan internasional, menjadikan Zhengzhou sebagai salah satu kota paling penting dalam sektor perkeretaapian global.

Selain sektor perkeretaapian, Zhengzhou telah mengembangkan infrastruktur industri yang kuat, yang mencakup fasilitas perakitan, pabrik komponen, dan pusat penelitian untuk kendaraan listrik. Kota ini memiliki beberapa pabrik besar yang sudah beralih ke produksi kendaraan listrik, memanfaatkan teknologi terbaru untuk menghasilkan mobil yang efisien dan ramah lingkungan. Salah satu pabrik kendaraan Listrik ternama ada di kota ini.

Zhengzhou juga menjadi pusat pendidikan, khususnya di bidang pertanian, dengan adanya universitas pertanian yang terkenal. Universitas ini tidak hanya menghasilkan tenaga ahli di bidang pertanian tetapi juga berkontribusi dalam penelitian dan pengembangan teknologi pertanian yang inovatif.

Pengurus ICBC menyambut baik tawaran kerja sama yang disampaikan delegasi Pemerintah Kota Zhengzhou. 

Wakil Ketua Harian ICBC Hasan Kosasih Ko mengatakan kunjungan Pemerintah Kota Zhengzhou bertujuan mendukung program One Belt One Road yang diinisiasi oleh Pemerintah Tiongkok, dengan harapan dapat meningkatkan kerja sama ekonomi antara Tiongkok dan Indonesia.

“Kedatangan delegasi pemerintah kota Zhengzhou bertujuan untuk mendukung program One Belt One Road yang diinisiasi Pemerintah Tiongkok, agar kerja sama dengan Indonesia dapat ditingkatkan,” ujar Hasan Kosasih.

Hasan Kosasih menjelaskan bahwa kerja sama yang diharapkan bukan hanya dalam bentuk suplai barang, tetapi juga mencakup relokasi pabrik-pabrik dari Tiongkok ke Indonesia, terutama di sektor pertanian, peternakan, dan industri otomotif.

 “Kerja sama ini diharapkan membawa nilai tambah dengan memasukkan investasi dan teknologi dari Tiongkok ke Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya , dalam konteks perubahan ekonomi dunia yang begitu cepat, kerja sama yang saling menguntungkan menjadi suatu keharusan. Ia menekankan bahwa Indonesia memiliki potensi besar, terutama dengan kekayaan alamnya dan populasi yang besar, yang jika dikelola dengan baik, akan menjadikan Indonesia negara maju.

 “Mereka juga membuka pelatihan bagi pekerja Indonesia di sana, sehingga nantinya para pekerja bisa menjadi pemimpin di industri di Indonesia,” sambungnya.

Hasan Kosasih berharap agar kerja sama ini segera terealisasi, terutama setelah dilantiknya Presiden terpilih Prabowo Subianto. “Harapannya, investasi dari Tiongkok dapat berlipat ganda, sehingga ekonomi Indonesia dapat terangkat,” pungkasnya

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button