JK Persilahkan Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta 2024

0

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, mempersilahkan Anies Baswedan untuk ikut partisipasi dalam Pilkada Jakarta 2024. Anies, yang baru-baru ini mengumumkan niatnya untuk maju dalam kontes politik tersebut setelah mendapat dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), mendapat respons positif dari JK.

“Ya silakan saja,” kata JK kepada wartawan di Jakarta Selatan pada Minggu, (16/06/2024).

JK, seorang politisi senior yang telah mendukung Anies dalam berbagai kontestasi politik belakangan ini, termasuk saat Anies bersama Muhaimin Iskandar sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2024.

JK menanggapi pertanyaan mengenai kemungkinan Anies diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP) dengan santai. Dia hanya melambaikan tangan dan meninggalkan awak media tanpa memberikan komentar lebih lanjut.

Menurut laporan sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jakarta telah mengajukan beberapa nama calon gubernur (cagub) untuk Pilkada Jakarta 2024 kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai. Salah satu nama yang direkomendasikan adalah Anies Baswedan.

“Sudah disampaikan semua nama-nama yang terjaring, termasuk Anies. Sudah lama malah ya, sebelum Rakernas puncaknya disampaikan secara massal waktu Rakernas partai yang kemarin,” ungkap Sekretaris DPD PDIP Jakarta, Pantas Nainggolan, beberapa waktu lalu.

Pantas menegaskan bahwa surat rekomendasi yang dikirim ke DPP PDIP hanyalah usulan tahap awal. Keputusan final tentang siapa yang akan diusung dalam Pilkada Jakarta nantinya sepenuhnya berada di tangan DPP PDIP.

“Tinggal di DPP-nya digodog berdasarkan tidak ada satu partai pun yang bisa mengusung sendiri kan di DKI Jakarta. Nah maka kondisi-kondisi seperti itu mau tidak mau kan harus jadi pertimbangan-pertimbangan. Jadi tidak bisa juga ngotot-ngototan,” jelas Pantas.

DPP PDIP akan melakukan proses penjaringan terhadap semua nama yang diusulkan, dengan keyakinan bahwa pertimbangan dari DPW partai sangat penting untuk memilih calon yang terbaik untuk DKI Jakarta.

“DPP akan melakukan proses penyaringan. Kita meyakini bahwa DPW partai punya pertimbangan yang jauh lebih luas, jauh lebih kongkrit dan jauh lebih realistis. Apapun yang diputuskan itu DKI Jakarta yakin bahwa itu yang terbaik,” tambahnya.

Dengan demikian, Pilkada Jakarta 2024 menjadi sorotan utama dengan potensi kehadiran Anies Baswedan sebagai salah satu figur yang akan dipertimbangkan oleh berbagai pihak, termasuk partai-partai besar seperti PKB dan PDIP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *