Headline NewsTechnology

Kemendikbud: Siswa SMK Bisa Jadi Pembimbing Untuk Teman Sebayanya

Siswa  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se- Indonesia yang mendapat bahan ajar simulasi digital, berpeluang menjadi pembimbing bagi rekannya di sekolah. Program ini  diberi nama “tutor sebaya”.

Siswa yang terpilih sebagai tutor sebaya ialah siswa  yang mengikuti pelatihan dan ujian online yang dilakukan oleh tiga SEAMEO Centre. Adapun penilaiannya sudah dilakukan pada pertengahan Januari lalu, digabungkan dengan lomba SEA Creative Camp untuk Asia Tenggara yang diikuti oleh semua siswa/mahasiswa usia antara 14-21 tahun.

“Keberadaan tutor sebaya dapat membantu  guru simulasi dan komuniasi digital. Selain itu, biasanya anak-anak lebih enak jika dibimbing sesame rekannya, apalagi berkiatan dengan computer dan lain-lain,” kata Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud Bakhrun dalam jumpa pers di Kemendikbud, Kamis, 1 Februari 2018.

Menurut Bakhrun, siswa  yang menjadi tutor sebaya akan mendapatkan sertifikat yang dapat menguatkan si siswa sebagai pembimbing.

“Itu kan memastikan saja dengan sertifikat tadi dia mempunyai kewenangan untuk  melakukan pembelajaran kepada temannya itu, takutnya kalo tidak ada sertifikat tadi-kan temannya bisa tanya ngapain kamu ngajar seperti ini. Itu untuk mempermudah saja sekaligus untuk mengisi kekosongan  simulasi dan komunikasi digital,” ujar Bakhrun.

Siswa yang menjadi tutor sebaya tidak selamanya  menjadi pembimbing, disaat sudah lulus dari SMK. Tugas mereka nanti akan diambil oleh juniornya di sekolah, namun harus melalui pelatihan dan uji online oleh tiga SEAMEO dan lomba SEA Creative.

“Kita  lomba lagi dan akan keluar lagi. Sebenarnya itu kan kalo sudah berjalan dengan   baik, ini kan baru uji coba pertama kali . Kalo  nanti berjalan baik, bisa saja tiga bulan atau empat bulan kan keluar lagi tutor sebaya,” ungkap Bakhrun.

Tutor Sebaya bertugas membantu guru pendamping dalam mengembangkan projek Augmented Reality (AR) di sekolah dan mendorong temannya sebayanya yang sedang mengikuti program AR sampai lulus dan menghasilkan produk serta memasarkannya. Program AR diperuntukan bagi SMK kelas 4 berbasis produk dan penjualan. Tutor Sebaya merupakan program baru hasil kolaborasi Kemendikbud dengan SEAMEO Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC).

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button