Eco TourismHeadline NewsHealthy LifeTourism

KLHK Ajak Kids Jaman Now Peduli Lingkungan dan Lestarikan Hutan

Mewakili Menteri LHK, Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung KLHK, Hilman Nugroho,  memimpin Kick Off Penanaman 10 Ribu Mangrove di 10 Kota di Indonesia. Acara Kick off ditandai dengan menanam 1.000 batang mangrove bersama generasi muda di Blok ElangLaut Taman Wisata Alam Angke Kapuk Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta, Minggu 14 Januari 2018.

Selain di Jakarta, penanaman juga dilaksanakan serentak di 9 kota lainnya, yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Lampung Timur, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Makasar, dengan total yang ditanam 10.000 batang mangrove. Penanaman di seluruh Indonesia, dilaksanakan dengan melibatkan 3.650 anak-anakusia 6 – 20 tahun dari Koalisi Lestari Hutanku (KLH) yang diketuai oleh Seto Mulyadi (KakSeto),dan Jefri Nichol Fans Club (JNFC).

Hilman Nughoro menyampaikan kepada sekitar 1.000 anak-anak muda generasi milenial yang ikut menanam, bahwa Presiden RI menghimbau setiap warga negara Indonesia untuk menanam  minimal 25 pohon seumur hidup. “Lima pohon ketika SD, Lima pohon ketika SMP, lima pohon ketika SMA, lima pohon ketika kuliah dan 5 pohon ketika akan menikah”, jelas Hilman.

Penanaman kali ini lebih difokuskan pada tanaman mangrove di wilayah-wilayah pesisir Indonesia. Diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagiling kungan dan masyarakat.

Dijelaskan Hilman, mangrove bermanfaat sebagai penyerap polutan, pencegah intrusi air laut, penelitian dan pendidikan, penyimpan karbon, wisata alam, tempat pemijahan aneka biota laut, pelindung garis pantai dari abrasi dan tsunami, penyedia Hasil Hutan Kayu dan Hasil HutanBukanKayu, sertatempat berlindung dan berkembang biaknya berbagai jenis fauna ekosistem payau.

“Mangrove bermanfaat menyerap karbon 5 kali lipat dari tanaman daratan. Hasil yang diperoleh dari pemanfaatan kayu/ pohonnya hanya 5%, sisanya 95% dapat digunakan untuk jasal ingkungan (termasukpariwisata), dll, namun jika pohonnya tidakada, hasil turunannya yang 95% juga tidak didapat”, tegasHilman

Dalam kesempatanini, Hilman juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Koalisi Lestari Hutanku, Kak Seto, dan Jefri Nichol yang telah menjadi agen perubahan dalam pelestarian mangrove.

Dalam  sambutan singkatnya, Kak Seto memberikan motivasi kepada anak-anak untuk aktif dalam kegiatan peduliling kungan sambilmeneriakkanyel-yel: “Kids Jaman Now PeduliLingkungan Lestarikan hutan”.

“Semoga kegiatan yang kita lakukan hari ini, dapat menjadi contoh dan ditiru oleh masyarakat dan artislainnya”, ungkapKakSeto.

Sebagai Duta Lingkungan Koalisi Lestari Hutanku, Jefri Nichol juga mengajak para generasi mudak hususnya JNFC untuk menanam pohon sebanyak-banyaknya dan menjaga lingkungan.

“Semogakontribusi kita terhadap alam hariini bias bermanfaat untuk generasi mendatang, dan menjadi legasi kita untuk generasi selanjutnya.”,ucap Nichol.

Selain Hilman Nugroho, KakSeto, danJefri Nichol, dan Miss Earth Indonesia 2017 Michelle Alriani, acara kick off ini juga diikutianak-anak SDN Kenari 07 Salemba, Komunitas Panti Asuhan dari Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) DKI Jakarta dan 650 fans anggota Jefri Nichol FansClub (JNFC) Jabodetabek.

Menutup sambutannya Hilman menyampaikan, “Salah satu cara mengucapkan terimakasih kepada alam dan lingkungan adalah dengan menanam pohon. Dimana ada pohon akan ada air, ada air akan ada kehidupan, ada kehidupanakan ada kesejahteraan. Kita yakin, banyak pohon banya krejeki” tandas Hilman menutup sambutannya dan dilanjutkan dengan kegiatan menanam mangrove.

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button