Technology

Menaker Dorong Pemanfaatan Teknologi Untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Pemerintah berusaha untuk mendorong para pelaku industri pertanian agar memanfaatkan teknologi demi meningkatkan produktivitas. Pemanfaatan teknologi dapat mentransformasikan proses industri pertanian yang lebih efisien, sehingga terjadi efisiensi, peningkatan produktivitas dan daya saing sektor pertanian.

Hanif Dhakiri selaku Menteri Ketenagakerjaan, mengatakan bahwa pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan efisiensi di sektor pertanian. Dengan begitu, produktivitas dan daya saing produk pertanian akan meningkat, karena dikelola secara efisien.

“Zaman semakin maju, sehingga kita harus terus mendorong produktivitas dan inovasi di bidang pertanian dengan memanfaatkan teknologi,” katanya dalam Seminar Nasional ‘Perkembangan Pertanian Indonesia’ di Graha Institut Pertanian (INSTIPER), Sleman, Yogyakarta, Senin (7/10/2019).

Hanif berkata, sekitar 29% tenaga kerja Indonesia berkerja di sektor pertanian. Hanya saja, dengan jumlah tenaga kerja yang besar, produktivitas tenaga kerja di sektor pertanian masih sangat rendah.

Menurutnya, upaya peningkatan produktivitas di pertanian masih sangat menantang, karena yang dihasilkan sektor tersebut masih tiga kali lebih rendah dibandingkan dengan sektor pengolahan.

“Sektor ini dari sisi produktivitas masih cukup menantang. Karena produktivitasnya dibanding sektor pengolahan, 3 kali lebih rendah,” ujar Hanif.

Menaker berpendapat, pemanfaatan teknologi akan mampu meningkatkan produktivitas sektor pertanian, dirinya memberi contoh Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang, yang merupakan salah satu BLK di bawah naungan Kemnaker yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang pertanian. BLK ini telah mengaplikasikan smart farming untuk mendorong produktivitas pertanian.

Hanif menjelaskan Aplikasi smart farming mampu mendeteksi suhu, kelembaban tanah, dan ph tanah melalui sensor yang ditanam di dalam tanah.

“Melalui aplikasi ini, petani dapat melakukan penyiraman dan pemupukan hanya melalui handphone,” ujar Hanif menambahkan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close