Menhub Tinjau Perkembangan Pembangunan Bandara IKN, Siap Operasi 1 Agustus 2024

0

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja untuk memeriksa progres pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam inspeksinya, Menhub Budi Karya menyampaikan bahwa bandara ini dijadwalkan beroperasi pada 1 Agustus 2024, dengan target uji coba pada bulan Juli 2024.

Kunjungan ini mencakup berbagai lokasi strategis di bandara, seperti area landas pacu dan gedung terminal. Menhub menyatakan bahwa perkembangan di kedua lokasi tersebut, serta fasilitas lainnya, sudah menunjukkan hasil yang sangat positif dan sesuai dengan rencana yang ditetapkan. “Perubahan signifikan terlihat jelas di landas pacu dan gedung terminal dibandingkan saat saya terakhir kali berkunjung pada akhir April lalu. Kemajuan ini tentu sangat menggembirakan,” ujarnya.

Menhub juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta para pekerja di lapangan. Menurutnya, dedikasi dan kerja keras mereka sangat berperan dalam kemajuan proyek ini. “Saya berharap sinergi ini dapat terus terjalin dengan baik, sehingga komitmen kita untuk menyelesaikan pembangunan Bandara IKN pada 1 Agustus 2024 dapat terwujud,” tambah Menhub.

Menhub juga mengungkapkan harapannya agar cuaca di kawasan IKN tetap mendukung selama beberapa bulan ke depan, sehingga proses pembangunan dapat berjalan lancar tanpa hambatan cuaca. “Mudah-mudahan cuaca di sini senantiasa cerah, sehingga proyek pembangunan bandara bisa berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Sejauh ini, progres pekerjaan fisik Bandara IKN telah mencapai beberapa pencapaian penting. Pada minggu ke-25, sejumlah aspek pembangunan telah dirampungkan, termasuk pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP; serta pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja di Terminal VIP.

Selain itu, pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC; pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional; pekerjaan minipile dan pipa plumbing di Gedung PK-PPK; serta pekerjaan struktur atas gedung substation juga menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Aspek lainnya mencakup pekerjaan struktur atas gedung peribadatan, pekerjaan struktur lab karantina, pekerjaan minipile bangunan power house, serta pekerjaan cut & fill, galian U-ditch, geotextile, agregat di Jalan Akses Utama (uditch), Embung, dan Jalan Perimeter Barat. Pekerjaan pondasi pancang Gedung Ruang Pompa dan GWT, serta STP, serta pekerjaan pondasi rumah dinas juga berjalan sesuai rencana.

Dalam kunjungan ini, Menhub didampingi oleh Direktur Bandar Udara Ditjen Hubud Lukman F. Laisa dan Kepala Otoritas Bandara Wilayah 7 Balikpapan, Endah Purnamasari. Kehadiran mereka menunjukkan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak untuk memastikan bahwa proyek pembangunan Bandara IKN dapat selesai tepat waktu dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Dengan kemajuan yang telah dicapai dan komitmen dari semua pihak, Bandara IKN diharapkan dapat menjadi salah satu bandara terkemuka di Indonesia, mendukung mobilitas dan konektivitas di Ibu Kota Nusantara, serta mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *