CultureDestinationHeadline NewsTourism

Menpar : Karnaval Kemerdekaan Tahun Depan Harus Dipromosikan Sejak Jauh Hari

Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya tampak gagah dengan menggunakan pakaian adat Sunda berwarna serba putih dengan penutup kepala berwarna merah. Dirinya terlihat sudah hadir sejak pukul 13.00 dan menantikan kehadiran Presiden Joko Widodo di Gedung Sate Bandung.

Mengapa Arief Yahya tampak gagah dalam balutan pakaian adatnya?

Diakui oleh Arief Yahya bahwa dirinya merasa lebih nyaman dan merasakan keberagaman Indonesia yang hebat dengan menggunakan pakaian adat asal Sunda walaupun Menteri Pariwisata asalnya dari Banyuwangi, Jawa Timur.

“Justru tumpah ruahnya masyarakat dari berbagai golongan, etnis dan agama di Karnaval Kemerdekaan ini, membuktikan keberagaman Indonesia. Dan saya merasakan juga rasa nasionalisme saya terangkat saat memakai pakaian adat khas Sunda ini walaupun saya sebenarnya bukan orang Sunda,” jelas Arief Yahya saat diwawancarai wartawan seusai selesainya Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Sabtu (26/8).

Arief Yahya yang tampak berbagi kendaraan pawai dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melihat raut wajah bahagia sang presiden melihat antusiasme masyarakat Bandung dan sekitarnya menyambut kedatangannya serta keceriaan menyaksikan parade karnaval yang memukau ini.

“Pak Jokowi senang sekali dengan Karnaval Kemerdekaan ini, karena selain memberikan hadiah istimewa kepada para masyarakat Indonesia, karnaval ini juga kan mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya dan seni yang merupakan khas dari berbagai penjuru Indonesia,” ungkapnya.

Joko Widodo pun akhirnya berpesan bahwa gelaran Karnaval ini harus terus dilakukan, tetapi dengan banyak melakukan perbaikan, seperti misalnya memberikan waktu latihan lebih banyak agar para pengisi acara Karnaval Kemerdekaan ini bisa tampil lebih maksimal.

“Pak Presiden pesan ke saya, agar acara seperti ini terus dilaksanakan dan dilestarikan. Apalagi event semacam ini memang dikenal sangat mampu menarik atensi masyarakat Indonesia, ditambah lagi dengan commercial value serta media value dari Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan juga sangat luar biasa. Harusnya acara ini bisa dipersiapkan lebih matang lagi dan dipromosikan sejak jauh-jauh hari, karena bicara pariwisata perlunya ada jangka waktu guna meng-attract wisatawan hadir ke acara ini,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya yang hadir ke Bandung bersama dengan istri.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button