Culinary TourismDestinationHeadline NewsTourismTravel

Menpar Puji Event MIEFF 2017 Yang Kental Akan Unsur Kreatif

Menteri Pariwisata Arief Yahya merasa bangga ada berbagai unsur pertunjukan  budaya  yang ada didalam event Makassar International Eight Festival & Forum (MIEFF) 2017 atau yang dikenal dengan Makassar F8. Bahkan Menpar memuji setiap persembahannya sebagai sesuatu yang kreatif. Itulah kalimat yang disampaikan Menpar saat memberikan kata sambutan dalam peluncuran MIEFF 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata, Selasa 9 Mei 2017.

Pernyataan Menpar bisa menjadi semangat bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Makkasar dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyukseskan MIEFF 2017 ini. Awalnya Menpar ingin mengkritik event ini karena tidak terlihat ada unsur makanan yang masukan, namun setelah dicermati MIEFF 2017 juga menghadirkan wisata kuliner dengan bernekaragam jenis kuliner. Bahkan kuliner  masuk dalam tiga unsur utama dalam event pariwisata tersebut.

“Sangat kreatif banyak unsur budaya. Harus seimbang antara nilai budaya dan nilai komersial. Ekonomi kreatif dapat berkembang jika unsur budaya dan komersil seimbang,” ujar Menpar.

Menurut Menpar, acara ini akan berdampak langsung terhadap peningkatan kunjungan wisata serta menggerakkan perekonomian masyarakat. Sebagai sarana promosi yang efektif untuk mengenalkan daya tarik pariwisata Sumatera Selatan khususnya, yang berpotensi pada alam, budaya, dan kerajinan tangan.

MIEFF 2017  merupakan event kedua yang sebelumnya telah dilaksanakan dengan dihadiri 22 negara, 47 kabupaten atau kota se-Indonesia serta dihadiri sebanyak 300 ribu pengunjung selama 3 hari di Pantai Losari. Tahun ini MIEFF 2017   akan kembali diselenggarakan selama 5 hari, tepatnya pada 6-10 September 2017.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto atau akrab disapa Dann Pomanto mengungkapkan, berbeda dengan MIEFF  tahun lalu, tahun ini Pemerintah Kota Makassar akan mengundang 100 kota dari berbagai negara dan sekitar 500 kabupaten atau kota se-Indonesia untuk datang di perhelatan bertajuk The Best Waterfront Festival In The World ini.

“Makassar F8 tahun ini kita targetkan mencapai satu juta pengunjung, Insya Allah kami optimis,” katanya.

MIEFF 2017  ini merupakan festival internasional yang mengkolaborasikan para budayawan dan pekerja seni baik lokal maupun nasional, serta berbagai elemen masyarakat untuk mempromosikan potensi wisata Makassar di kancah internasional.

“Hingga saat ini persiapan undangan sudah dilakukan. Mudah-mudahan Makassar F8 bisa mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Makassar,” ucap Danny.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button