Kegiatan promosi pariwisata masih terus digelar sebagai upaya mencapai target dari Kementerian Pariwisata yang sudah didorong oleh Presiden Jokowi. Untuk itu seluruh instansi melakukan sinergi terkait promosi pariwisata di mancanegara. Salah satunya adalah Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Shanghai yang menggelar InaWeek atau Pekan Indonesia yang akan digelar pada 20-26 Mei 2017.

“Acara itu nanti sebagai upaya kami untuk meraih lebih banyak lagi wisatawan asal China, khususnya Shanghai,” kata Konsulat Jenderal RI di Shanghai Siti Mauludiah atau yang biasa dipanggil Nining.

Nining juga menjelaskan dalam sepekan masyarakat yang berdomisili di salah satu kota terbesar di Tiongkok tersebut akan diberikan gambaran keanekaragaman wisata Indonesia, bisnis dan keuangan di Indonesia.

KJRI menggelar acara tersebut bekerjasama dengan beberapa instansi pemerintah terkait seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Ekonomi Kreatif, Pusat Pengembangan Film, Bank Mandiri, Garuda Indonesia, Dharma Wanita Shanghai, dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia di China.

Selain itu di acara tersebut Nining menjelaskan bahwa kegiatan acara yang digelar antara lain adalah pesta budaya, peragaan busana, pameran kuliner, festival film, pameran foto objek wisata, forum bisnis, investasi, dan keuangan.

Terkait bisnis wisata KJRI membuat acara bertemakan Investasi Infastruktur Wisata Indonesia serta Pertemuan Bisnis Antara Agen Wisata Indonesia dan China. Sedangkan untuk bisnis keungan akan dibuat seminar atas dukungan Bank Indonesia. “Acara InaWeek ini juga akan dilaksanakan di berbagai tempat bergengsi di Kota Shanghai, seperti pameran produk dan pertunjukan budaya Indonesiaa atau Festival Indonesia akan mengambil tempat di Oriental Pearl Tower (OPT),” ujarnya.

OPT berlokasi di tepi Sungai Yangtze yang berbentuk menara bulat serta menjadi icon kota Shanghai. “Dengan adanya promosi di OPT, kami berharap para wisman yang berkunjung ke Kota Shanghai juga akan berkunjung ke Indonesia,” ujar Nining.

Selain itu juga dilakukan kerjasama dengan Diaspora Indonesia yaitu mahasiswa Indonesia yang mengikuti Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Tiongkok dan akan memberikan dukungan terhadap pameran budaya dan kuliner Nusantara di kampusnya masing-masing. Ini merupakan kegiatan pertama bagi KJRI Indonesia di Shanghai sejak awal pendirian KJRI dari tahun 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *