Headline NewsTourism

Menparekraf Dukung Pengembangan Wisata Berbasis Otomotif di Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)  Sandiaga Salahuddin Uno siap mendukung pengembangan wisata berbasis otomotif. Hal tersebut dilontarkan Sandiaga saat menerima audiensi Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) di kantor Kemenparekaf, Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Neil El Himam, serta Staf Ahli Menteri Bidang Inovasi dan Kreativitas Josua Simanjuntak.

Dalam audensi itu, PWOI memaparkan program yang telah dijalankan dan rencana kerja di tahun ini. Salah satu program yang  dipaparkan, yakni Wonderful Ride Indonesia, sebuah gerakan untuk mendorong empowerment wisata berbasis otomotif di Indonesia.

Menparekraf mengungkapkan, yang paling penting dalam kegiatan tersebut dapat berdampak pada pertumbuhan sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif (parekraf) di tanah air.

Untuk membuat kegiatan berkelas, tanpa melanggar protokol kesehatan, menurut Menparekraf harus ada inovasi dan adaptasi serta yang tidak boleh dilupakan adalah kolaborasi dengan banyak pihak. Unsur-unsur tersebut penting dijalankan dalam sebuah kegiatan yang hasilnya membantu kebangkitan sektor parekraf.

Tren pariwisata ke depan, dikatakan Menparekraf, para wisatawan akan lebih memilih konsep wisata yang lebih personalized, localized, dan smaller in size. Dimana wisata berbasis otomotif ini sangat sejalan dan juga memberikan pengalaman berwisata lebih bagi wisatawan.

“Kita akan mendukung pengembangan pariwisata berbasis otomotif ini di Indonesia,” kata Sandiaga.

Ketua Umum Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (POWI), Rezza Artha, menjelaskan, melalui gerakan ini pihaknya ingin masyarakat otomotif Indonesia berpartisipasi lebih jauh dengan dunia pariwisata. Mereka melihat korelasi yang kuat antara dunia otomotif dengan pariwisata Indonesia, dimana pariwisata yang maju perlu didukung dengan masyarakat otomotif yang juga maju.

Secara umum, PWOI mengajak masyarakat lebih aktif berwisata menggunakan kendaraan miliknya baik sepeda motor mobil atau tipe lainnya. Pariwisata merupakan sektor yang dapat secara cepat digerakkan dalam rangka pemulihan ekonomi dibanding sektor-sektor lainnya yang masih membutuhkan persiapan.

“Kita melihat di beberapa lokasi akan kesuksesan event-event otomotif, bagaimana mereka dapat sampai meningkatkan okupansi hotel, rumah makan, dan sebagainya. Itu yang mau kita dukung ke depan bagaimana penggemar otomotif Indonesia semakin berkontribusi positif terhadap perekonomian terutama di bidang pariwisata,” kata Rezza.

Motor Listrik

Dalam kesempatan ini, PWOI juga mengampanyekan penggunaan sepeda motor listrik “Gesits” di destinasi sehingga dapat berwisata dengan berkendara secara aman, tertib, sehat, dan menyenangkan.

Menparekraf Sandiaga Uno pun mendukung kampanye penggunaan sepeda motor listrik ini di destinasi pariwisata Indonesia.

“Kita dukung motor listrik dan penggunaannya nanti tidak hanya di lima destinasi super prioritas tapi juga destinasi-destinasi lainnya,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close