DestinationHeadline NewsTourism

Menparekraf Nikmati Atraksi Seru di Desa Wisata Karanganyar Magelang

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjajal atraksi seru saat visitasi  50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 ke Desa Wisata Karanganyar, Magelang Jawa Tengah, Selasa (12/10/2021).

Sebelum tiba di desa wisata yang berjarak 2,5 kilometer dari Candi Borobudur itu, Menparekraf Sandiaga berkeliling desa menaiki ATV, bermain sepak takraw bersama anak-anak, hingga mencoba kerajinan gerabah yang merupakan salah satu warisan leluhur, yang terdapat dalam interpretasi relief di candi Budha terbesar di dunia itu.

Sampai di balkondes Karanganyar, Menparekraf disambut tarian Kubro Ponco Siswo, Menparekraf juga sempat melihat beraneka kerajinan di pendopo, mulai dari bambu, gerabah, lukisan daun buddhis, kuliner hingga melihat kambing etawa yang susunya banyak kandungan untuk kesehatan tubuh, mulai dari sumber kalori, protein, dan lemak. Di bidang ekonomi kreatif selain mempromosikan dan menjual produk kriya kerajinan gerabah, masyarakat desa terus berinovasi dalam memasarkan anyaman bambu dan ukir bambu untuk terus meningkatkan perekonomian lokal dalam wadah UMKM.

“Desa ini memiliki daya tarik wisata yang menggabungkan pesona alam dan budaya, dan kita bisa melihat sunrise dan yang sangat menarik di sini ada wisata gerabah. Yang dulu dipromosikan oleh Demi Moore dalam filmnya yang berjudul Ghost. Ini adalah pariwisata berbasis komunitas kita harapkan bisa jadi contoh pengelolaan desa wisata di Indonesia,” kata Menparekraf Sandiaga di desa wisata Karanganyar.

Menparekraf juga sempat bermalam di salah satu dari 20 Balkondes yang ada di sekitar kawasan Destinasi Super Prioritas Borobudur itu. Menparekaf mengatakan fasilitas di Balkondes ini sangat lengkap sekali, bangunan bergaya arsitektur Jawa ini mempunyai fasilitas resto, penginapan, galeri, dan aula.“Saya mengajak wisatawan yang berasal dari perkotaan untuk tinggal di Balkondes atau homestay milik masyarakat. Karena pengalamannya berbeda, bagaimana kita bisa merasakan suasana desa kita juga bisa menikmati udara segar yang memiliki sensasi tersendiri. Meskipun namanya Balkondes tapi pengalamannya seperti bintang lima” katanya.

Untuk menuju ke tempat ini sangat mudah, dari gerbang utama Candi Borobudur ambil arah ke selatan dan kemudian tinggal mengikuti informasi di papan petunjuk jalan menuju Desa Wisata Karanganyar.  Dalam kesmepatan tersebut, turut mendamping Menparekraf Sandiaga Uno Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua, Dirut Badan Otorita Borobudur (BOB) Indah Juanita, Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto. (Sumber Kemenparerkaf)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close