Business

Negeri sakura yang melirik peluang investasi di Indonesia

investasi

Jepang merupakan salah satu negara yang sudah maju pesat baik dalam teknologinya, ekonominya mapun urusan kenegaraanya. Tidak jarang kita sering melihat banyak banyak produk dari negeri yang menjunjung tinggi kedisiplinan tersebut masuk ke Indonesia. Jepang memiliki perkembangan yang pesat dalam hal industri dan hal itu juga membuat pemerintah Jepang melirik Indonesia sebagai lahan investasi yang menarik. Menurut pemerintahan Jepang perekonomian di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup bagus sehingga sangat memungkinkan bagi pemerintahan Jepang untuk terus melakukan investasi di Indonesia.

Peran Jepang dalam perekonomian Indonesia dapat dilihat berdasarkan tiga sektor, meliputi sektor perdagangan, investasi, dan kerjasama ekonomi. Di bidang perdagangan internasional (ekspor-impor), Jepang merupakan mitra dagang terbesar Indonesia. Begitu pun pada bidang investasi, investor-investor Jepang memainkan peran terbesar dalam penanaman modal langsung (foreign direct investment). Jepang juga memberikan bantuan dalam jumlah yang besar dalam skema kerjasama ekonomi dalam mendukung pembangunan di Indonesia. Neraca perdagangan antara Indonesia-Jepang juga terus mengalami surplus walaupun trennya cenderung menurun akibat peningkatan impor lebih besar dari peningkatan ekspor. Komoditas yang diperdagangkan antara kedua negara juga bervariatif, sesuai dengan keunggulan komparatif dan daya saing kedua negara.

Sebelumnya Jepang pernah membatalkan beberapa proyek yang di investasikan di Indonesia, hal ini lebih dikarenakan ada beberapa hal yang menjadi prioritas bagi pemerintahan jepang. Namun itu tidak menyurutkan pemerintahan Jepang untuk tetap berinvesatsi di Indonesia. Rahmat Gobel yang merupakan menteri Perdagangan tengah berusaha mengajak pemerintah Jepang melalui perdana menterinya Shinzo Abe untuk melakukan lebih banyak lagi Investasi di Indonesia. Rahmat berharap kerja sama antara Indonesia dan Jepang dapat berjalan terus demi usaha untuk membangun Indonesia yang lebih baik lagi. Hubungan diplomatik dan perdagangan antara kedua negera ini telah berjalan selama 56 tahun dan diharapkan terus terjaga dan meningkat. Rahmat Gobel juga berharap kedepannya banyak pengusaha yang sudah berada di Indonesia dapat meningkatkan terus kerjasamanya dan dapat berinvestasi lebih banyak lagi.

Sebagai negara yang memiliki kaitan historis dengan Indonesia, Jepang telah banyak memberikan bantuan kepada Indonesia, baik dalam bentuk pinjaman maupun hibah. Jepang mengklaim bahwa Indonesia merupakan negara penerima ODA/Official Development Assistance (bantuan pembangunan tingkat pemerintah) terbesar dari Jepang. Setelah anda melihat semua ini, dapat dikatakan bahwa investasi merupakan salah satu hal yang penting dalam mengembangkan usaha anda. Pemerintah juga sedang mengusahakan banyak investor asing untuk menanamkan modal di Indonesia agar dapat memebrikan kesempatan bagi para pengusaha untuk mengembangkan usahanya. Beberap ahli ekonomi memandang investasi merupakan salah satu faktor penting yang dapat mengurangi tingkat pengangguran dan dapat meningkatkan pembangunan suatu negara. Ketika suatu usaha mendapatkan investasi maka akan ada sejumlah uang yang ditanamkan sebagai modal serta pembelian beberapa barang yang dapat dijadikan sebagai bahan produksi, sehingga menghasilkan barang maupun jasa. Suatu negara akan mengalami perkembangan yang signifikan jika terdapat nilai investasi yang tinggi dari pada pengeluaran dalam hal produksinya. Investasi asing sangat menguntungkan bagi suatu negara karena dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakatnya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button