Headline NewsTransportation

Nikmati Bus Transjakarta Bergaya Vintage

PT Transportasi Jakarta meluncurkan dua bus berlabel vintage series di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (19/10).

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Budi Kaliwono mengatakan, bus ini dibuat sengaja untuk mengenang kejayaan bus Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD). Sementara, bus bergaya vintage ini akan beroperasi di koridor 1, 5 dan 6.

“Ini adalah wujud dari kami mengenang peran PPD pada saat mereka masih bisa melayani penduduk Jakarta,” ujar Budi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (19/10).

Bus ini memiliki desain menyerupai bus PPD ketika masa jayanya itu. Selain itu, ada juga program terbaru yaitu mobil Transjakarta Cares yang dikhususkan bagi warga penyandang disabilitas.

Mobil ini nantinya berfungsi untuk melayani masyarakat penyandang disabilitas & akan menjemput warga penyandang disabilitas yang ingin naik bus transjakarta.

Nantinya, masyarakat yang membutuhkan bisa memesan mobil Transjakarta Cares untuk mengantarkan mereka ke halte Transjakarta ramah disabilitas terdekat dari tempat penjemputannya.

Selain itu yang mampu mencuri perhatian, ada juga 116 bus transjakarta baru yang juga diluncurkan hari ini.

Bus tersebut terdiri dari 100 unit bus single 12 meter, 3 unit bus model lower deck, 1 unit bus medium ukuran 10 meter, 8 unit bus maxi milik operator Mayasari Bhakti, dan 4 unit bus tingkat hibah.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, semua bus yang beroperasi di Jakarta harus menggunakan merek dengan kualitas internasional.

Dulu, bus PPD sudah menggunakan merek Mercedes Benz. Basuki tidak ingin bus untuk warga Jakarta saat ini justru berasal dari merek tidak terkenal yang mudah sekali rusak.

“Tahun 1960-an bus kita semua Mercedes, masak sekarang pakai merek ‘Ahok’. Itu namanya kemunduran,” tutup Basuki sambil berseloroh kepada para wartawan yang mewawancarainya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close