Headline NewsTourismTravel

Wuih! Festival “Surga Dunia” Telah dibuka

”Jaga ekosistem alam kita yang sudah mendunia ini! Jaga keajaiban surga-Nya yang diberikan pada kita! Itu modal perekonomian rakyat kita,” ujar Gubernur Papua Barat Abraham Atururi

Kata – kata tersebut disampaikan oleh saat Abraham membuka festival tersebut, festival yang akan semakin mengangkat nama Raja Ampat sebagai wisata kelas dunia. Raja Ampat memiliki keindahan yang ada baik di atas tanah maupun di bawah laut.

Festival ini juga dibuka oleh penyanyi kondang bersuara emas, Andre Hehanusa.  Penyanyi pop ternama itu memukau ribuan pengujung yang hadir pada pembukaan di Pantai Waisai Torang Cinta Raja Ampat, Selasa (10/8).

Andre pun merasa gembira bisa mengisi acara di festival ini dan terkesan dengan kehangatan penduduk lokal.

”Yang paling mengejutkan bagi saya adalah, orang-orang Raja Ampat begitu ramah dan komunikatif. Ini di luar dugaan saya, dan ini sangat bagus menjadi modal Pariwisata Indonesia terutama Raja Ampat,” ujar penyanyi yang hari itu menyanyikan lagu Lovely Raja Ampat dan Kami Papua itu.

Andre menjelaskan, sejak dirinya mendarat di Sorong hingga menggunakan Kapal Laut menyebrang ke Raja Ampat, semua orang mudah senyum, diajak ngobrol menanggapi dengan ramah. Ditanya tentang Raja Ampat, cepat menjawab dan detail.

Dok. Solopos
Dok. Solopos

 

”Sungguh cerdas mereka melayani wisatawan, bukan kepada saya saja, namun kepada wisatawan yang kebetulan bersama saya juga. Jadi itu modal yang sangat besar, karena Pulau Bali makin hebat karena masyarakatnya hebat, mereka tahu daya pikat Pariwisata dan kebutuhan bagi mereka terhadap Pariwisata,” ujar penyanyi yang juga pencipta lagu Kuta Bali itu seperti dikutip dari laman kemenpar.

Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Raseno Arya juga mengaku masyarakat Raja Ampat semakin hari semakin dewasa dalam menyambut wisatawan. Yang paling penting, menurut pria asal Padang itu adalah jiwa seni masyarakat Raja Ampat yang terlihat dari anak-anak sekolah dan para pelaku seni.

”Jiwa seni dengan menguasai tarian, menguasai cara menghibur penonton juga sudah sangat terlihat di jiwa para masyarakat Raja Ampat. Itu modal bagus, karena dengan menjiwai seni, maka akan menimbulkan daya tarik bagi wisatawan,” ujar Raseno.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close