Culinary TourismFoodHeadline News

Oleh-oleh Daerah Diserbu Wisatawan di Saat Libur Lebaran

Berkunjung ke tempat wisata di saat libur Lebaran belum abdol jika tidak membeli oleh-oleh khas tempat wisata. Oleh-oleh menjadi salah satu pelengkap untuk menyempurnakan liburan anda.  Dengan membeli oleh-oleh para wisatawan dapat merasakan makanan khas daerah. Belum lagi  uang THR masih ada, jadi jangan ragu  untuk membeli oleh-oleh agar kenangan liburan anda jadi berkesan.

Melihat momen tersebut, tak jarang penjual oleh-oleh yang meraih untung banyak.  Omzet mereka pun bertambah dibandingkan hari biasa. Dibawah ini sejumlah oleh-oleh di daerah  yang laris saat libur Lebaran.

 Yogyakarta

Penjualan makanan oleh-oleh khas Yogyakarta yang berbahan dasar singkong selama libur Idul Fitri 1438 Hijriah mengalami kenaikan hingga 30 persen dibanding hari-hari biasa sebelum Lebaran.

“Ada kenaikan penjualan, namun tidak begitu besar, kira-kira sekitar 20 sampai 30 persen dibanding hari biasa,” kata pemilik sekaligus Direktur Pusat Oleh-Oleh khas Yogyakarta ‘Cokro Tela’ Firmansyah Budi Prasetyo di Yogyakarta, Rabu, 28 Juni 2017.

Menurutnya, kenaikan penjualan makanan khas yang diproduksinya karena bertepatan dengan libur Lebaran 2017 yang banyak pemudik pulang ke daerah asalnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kemudian membeli oleh-oleh khas itu.

Ia mengatakan, makanan khas Yogyakarta yang diproduksinya merupakan roti berbahan dasar dari singkong yang merupakan salah satu bahan pangan lokal, bahan baku singkong itu didapat dari petani-petani di kawasan Bantul dan sekitarnya.

Firman mengatakan, peningkatan penjualan sudah dirasakan sejak sebelum Lebaran dan meningkat lagi setelah Lebaran, dirinya mengaku bisa menjual makanan pada kisaran 300 hingga 500 kotak kue setiap harinya.

Bandung

Cari Tahu Susu Lembang tapi kejauhan dan malas kena macet? Temukan Tahu Susu Lembang di Daily Snack Bandung.Daily snack adalah toko oleh-oleh berada di samping The Outfit Store JL RE Martadinata (Riau), No. 61, Citarum Bandung.

Lokasi yang strategis untuk ditemukan wisatawan setelah belanja ke factory outlet membuat tahu ini mudah di dapatkan.Tahu Susu Lembang sangat terkenal dan banyak dicari sebagai oleh-oleh khas Bandung.

Syifa Nisfi (18) penjaga toko Daily Snack mengatakan jika Tahu Susu Lembang banyak diminati oleh wisatawan.

“Harganya Rp 27.000 saja,” ujar Syifa saat ditemui di toko Daily Snack.

Jakarta

Bukan hanya di daerah namun penjual oleh-oleh di Ibukota juga merasakan ramainya pengunjung. Penjual oleh-oleh Jakarta yang dibanjiri pengunjung adalah penjual oleh-oleh di Monas. Para penjual oleh-oleh ini berjualan di tempat yang disediakan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta yakni di  Lapangan IRTI Monas.

Kebanyakan para pengunjung yang mengunjungi stand oleh-oleh di Lapangan IRTI ini berasal dari daerah seperti, Cirebon, Semarang, Surabaya maupun Padang. Para pengunjung antusias melihat oleh-oleh Jakarta yang didagangkan. Oleh-oleh itu diantaranya berupa makanan khas Jakarta seperti kembang goyang dan kerak telor. Selain makanan ada juga barang-barang khas Jakarta yang dijual, diantaranya pernak-pernik Kota Jakarta, kaos bergambarkan ikon kota Jakart dan topi. Diprediksi pengunjung yang akan menyambangi Monas terus bertambang mengingat aktivitas resmi dimulai pada tanggal 3 Juni 2017.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button