Pantai Melawai tempat yang menarik untuk melihat Sunset dari Balikpapan

0

Pantai Melawai

Pantai Melawai berada di sepanjang Jalan Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur. Balikpapan sendiri adalah daerah pengeboran minyak bumi pertama di Indonesia. Balikpapan merupakan kota yang menghadap timur, tepatnya menghadap selat Makassar. Dari posisi geografinya yang menghadap timur maka titik untuk melihat matahari terbenam berarti mungkin tidak ada. Tetapi, teorinya terbantahkan dengan posisi pantai Melawai yang sedikit berada di teluk kecil menjadikannya sebagai spot sunset terbaik di Balikpapan. Pantai ini adalah tujuan wisata favorit di pusat kota. Pantainya terletak di antara pelabuhan Semayang dan pantai Banua Patra. Daerah ini juga merupakan pusat makanan dan minuman di malam hari.

Keunikan Pantai Melawai adalah saat petang akan banyak pengunjung duduk beralas tikar sambil menanti matahari terbenam dan menikmati pemandangan kapal-kapal yang sedang berlabuh, menurunkan muatan di Pelabuhan Semayang, atau berlayar di Teluk Balikpapan. Pantai Melawai memiliki pemandangan yang indah dengan jaraknya yang dekat dengan pusat kota, Balikpapan Center atau sekitar 5 menit ke arah selatan. Di sepanjang pesisir Pantai Melawai juga disediakan beberapa kafe yang siap melayani Anda berduduk santai. Kalimantan Timur merupakan sebuah provinsi yang unik. Ibu kotanya adalah Samarinda namun jalur masuknya adalah Balikpapan. Bandara utamanya adalah Sepinggan terletak di Jalan Marsma Iswahyudi. Pantai Melawai terletak di Jalan Sudirman. Lokasi pantai ini tidak sulit untuk ditemukan karena letaknya berada di jalan utama yang menuju ke berbagai wilayah di Balikpapan. Anda bisa menggunakan Angkutan Umum no 5 dan 6 yang melewati pantai Melawai. Pantai Melawai berada di pusat kota, tepatnya tidak begitu jauh dari komplek Pertamina dan Pelabuhan Balikpapan dan berada di pinggir salah satu jalan protokolnya Balikpapan.

Berjalan di sepanjang Pantai Melawai merupakan kenikmatan tersendiri, terutama saat matahari terbenam di tepian bumi. Rasakan dinginya pasir ketika Anda berjalan di sepanjang pesisir pantai. Ketika Anda mengunjungi pantai pada malam hari, Anda dapat menemukan berbagai jenis makanan dan minuman di sepanjang pantai. Di sepanjang pinggir pantainya akan Anda temukan cafe-cafe kecil yang menyediakan beragam kudapan dan minuman. Pantai Melawai adalah sebuah tempat yang menarik karena terletak di pusat kota dan dekat dengan Pelabuhan Semayang di Balikpapan. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa melihat kegiatan bongkar muat di pelabuhan, menonton kapal bergerak masuk dan keluar, dan menikmati berbagai jenis makanan dan minuman di pantai di malam hari yang indah dan ditemani suara deburan ombak. Selama air surut, pengunjung bisa berjalan ke pulau Babi, yang terletak di tengah Pantai Melawai.

Pantai ini menghadap selat Makassar dan sebagai tujuan wisata favorit di pusat kota Daerah ini juga merupakan pusat makanan dan minuman di malam hari. Pantai ini akan semakin ramai pada sore hingga malam hari. karena banyak para pedagang makanan yang menjajakan makananya di tepi pantai melawai ini.dan banyak anak muda yang datang untuk sekedar nongkrong disini. Pantai ini juga menjadi pusat kuliner kota Balikpapan pada malam hari. Salah satu makanan terfavorit Pantai Melawai adalah jagung bakar. Karena rasanya yang gurih dan manis ditambah harganya yang begitu murah membuat jagung bakar banyak dipilih untuk dinikmati ketika sedang berada di Pantai Melawai ini. Disini juga terdapat Makanan tradisional seperti pisang gapit. Pisang gapit di hidangkan dengan cara memanggang pisang di penggorengan datar. lalu pisang yang sudah matang ditaruh ke piring dan disiram dengan saus yang terbuat dari gula merah. di tambah Minuman hangat seperti sekoteng turut dijual oleh para pedagang di Pantai Melawai. (arf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *