Headline NewsLife StyleLifestylePageants

Para Finalis PPI 2021 Diminta Hindari Persepsi Sebelum Berkomunikasi

34 finalis Putri Pariwisata Indonesia (PPI)2021 kembali menjalani karantina virtual, Rabu (25/8/2021). Pada karantina kedua ini, para finalis mendapat pembekalan salah satunya dari  Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto yang kali ini mengangkat tema ‘Jangan Berpersepsi Sebelum Berkomunikasi’.

Martinus Johnnie Sugiarto yang akrab disapa daddy oleh para finalis, menekankan kepada  finalis untuk tidak selalu berpersepsi sebelum berbicara kepada seseorang, apalagi persepsi yang muncul adalah persepsi  buruk,  yang sama sekali tidak boleh dilakukan.

Persepsi yang muncul akan membuat komunikasi tidak efektif dan akan  berdampak negatif  pada hubungan yang sudah terjalin erat,  baik hubungan pertemanan, karir maupun bisnis.

“Saya ingin anda punya standing position yang jelas, yang benar dan yang dikagumi,  orang yang semua orang melihat anda sudah senyum duluan, karena ada datang dengan sebuah positive thinking. Anda sudah senyum, anda menunjukan sikap yang bersahabat yang ramah, dari wajah muka anda orang sudah memberikan sebuah apresiasi, orang sudah merasa nyaman duluan,” terang Johnnie.

“Jangan di balik-balik, jangan sebelum bertemu orang anda sudah punya persepsi yang negatif. Karena persepsi negatif itu akan membuat pertemuan itu menjadi tidak objektif, orang belum ngomong tapi anda sudah berprasangka yang engga-engga, orang belum menyampaikan sesuatu anda sudah berpikir jelek dulu, ini yang harus kita hindari dalam pergaulan,” tambahnya.

Menurut Tokoh  Pariwisata Nasional ini, agar persepsi negatif tidak muncul di awal, maka yang perlu dibangun adalah memperkuat informasi, komunikasi dan konfirmasi. Ketiga unsur ini, sepertinya terlihat mudah namun jika tidak diaplikasikan dengan benar maka akan sia-sia

Johnnie  menyebut Informasi  yang diterima tidak akan bermanfaat jika tidak dikomunikasikan dan dikonfirmasi.  Karena itu, para finalis diminta untuk mencermati setiap informasi yang diterima.

“Informasi itu belum tentu ditangkap sesuai apa yang kita inginkan atau sampaikan, makanya sering-sering kita lihat informasi beli satu dapat dua, orang tanya beli satu dapat dua berarti dapat tiga donk, yang jual bilang itu salah, yang bener beli dapat satu jadinya dua, nah ini kan terjadi miskomunikasi di sini. Oleh karena itu harus berkomunikasi. Seharusnya di tanya dulu, sebelum membeli,” kata CEO EL JOHN Media ini.

 Untuk mengkomunikasikan  informasi yang diterima, harus dengan cara yang baik dan tepat. Jangan sampai komunikasi yang dilakukan melebar dari topik yang dibahas sehingga suasana akan menjadi bosan.

Komunikasi harus mengarah pada inti pembicaraan yakni seputar informasi yang diterima. Jika informasi yang diterima sudah dikomunikasikan secara clear maka pembahasan diluar topik boleh dilakukan, apalagi ditambah canda dapat membangun suasana ceria dan bersahabat.

“Nah selanjutnya  anda harus mengkonfirmasi, setiap komunikasi yang sudah terjadi coba dikonfirmasikan kembali. Kita lihat banyak training-training, kalau coach-nya sudah menyebutkan sesuatu dia suruh kita sebut ulang, sering-sering waktu dikonfirmasi itu beda. Jadi apa yang diinformasikan, apa yang dikomunikasikan tetap saja yang menerima ada satu atau dua orang yang gagal paham,” ujar Johnnie.’

Selain dari Founder Yayasan EL JOHN Indonesia, para finalis juga mendapat pembekalan dari Putri Pariwisata Indonesia 2021Jessy Silana Wongsodiharjo dan Civil Servant Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Esthy Reko Astuti.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close