CultureHeadline News

Pekan Pancasila Dimulai, Pemerintah Ajak Masyarakat Amalkan Pancasila

 

Jelang peringatan hari Pancasila, pemerintah resmi membuka  Pekan Pancasila yang dimulai Senin 29 Mei, hingga 4 Juni 2017, dengan mengambil tema “Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Hari Pancasila jatuh setiap tanggal 1 Juni, Untuk 1 Juni 2017, Kamis besok adalah hari lahirnya Pancasila yang pertama kalinya diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Sebab, pada 1 Juni 2016 lalu, Presiden Jokowi baru menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari lahir Pancasila. Di hari itu pula, Jokowi menetapkan 1 Juni sebagai hari libur nasional.

Tujuan dari penyelenggaraan Pekan Pancasila ini adalah untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila, dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila. Nantinya, diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Saat puncak peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni, upacara bendera akan dipusatkan di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, di mana Presiden akan menjadi Inspektur Upacara. Selain itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga telah mengeluarkan Surat Edaran bagi para Pimpinan Lembaga Negara, Menteri, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Gubernur Bank Indonesia, Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Gubernur, Bupati, Walikota, Pimpinan BUMN/BUMD, serta Kepala Perwakilan RI di Luar Negeri, untuk dapat menyelenggarakan upacara di lingkungannya masing-masing.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila akan dilakukan di seluruh Tanah Air. Para inspektur upacara di seluruh negeri pun wajib membacakan surat sambutan Presiden Jokowi.

“Itu adalah menyelenggarakan upacara secara nasional dan seluruh inspektur upacara akan membacakan sambutan dari Presiden,” ujar Pratikno di Istana Kepresidenan, Selasa 30 Mei 2017.

Pemerintah juga akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengampanyekan Pekan Pancasila. Salah satu kampanye yang dilakukan adalah memaksimalkan penggunaan media jejaring sosial. Untuk mengikuti semarak Pekan Pancasila, tagar berikut dapat digunakan yaitu #PekanPancasila; SayaPancasila; #PancasilaReborn; #KenalPancasila; #PancasilaPunyaKita; #PancasilaSatu; #Pancasila2017.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button