CultureDestinationHeadline NewsTourism

Peserta Rakornas ke-III Kepariwisataan Kompak Kenakan Busana Nusantara

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke III Kepariwisataan tahun 2017 resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata (Menpar)  Arief Yahya di Hotel  Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa, 26 September 2017. Rakornas yang berlangsung dua hari ini tampak berbeda dari rakornas sebelumnya, yang biasanya jajaran Kemenpar hingga Dinas Pariwisata mengunakan seragam Wonderful Indonesia, kini mereka mengunakan busana nusantara  termasuk  Menpar sendiri yang mengunakan adat betawi. Bukan hanya jajaran Kemenpar, tamu udangan mulai dari pimpinan organisasi pariwisata hingga dosen vokasi juga kompak mengenakan busana nusantara.
Bahkan dengan mengenakan busana nusantara, para peserta menunjukan semangat menggelora mengikuti acara pembukaan rakornas ini.Menpar pun mengapresiasi busana nusantara  yang dikenakan  para peserta rapat.  Ia pun menuturkan rasa bangganya. Rasa kebangsaannya tergetar melihat rekan-rekannya di Kemenpar menggunakan busana nusantara.
“Penuh warna dalam harmoni, karena inilah sesungguhnya kita. Bangsa Indonesia, beragam sekaligus bersatu,” kata Menpar.
Menpar Arief Yahya memang tidak ingin menyebutnya sebagai pakaian nasional. Tetapi sebagai busana nusantara. Kenapa demikian? Karena menurutnya dengan menyebut pakaian nasional justru akan mengecilkan keberagaman itu sendiri. Disebut pakaian nasional seolah semuanya harus seragam. “Harus sama. Padahal kita hidup dalam atmosfer keberagaman,” ujar Menpar
“Hal ini sekaligus untuk menunjukkan Indonesia yang beragam. Indonesia yang dengan keberagamanya merupakan satu kekuatan besar dalam dunia pariwisata,” tambah Menpar.
Sebelumnya, para pegawai Kemenpar juga terlihat kompak mengenakan busana nusantara saat Upacara Kemerdekaan HUT RI di lapangan Kemenpar, Jakarta, 26 September 2017. Para pegawai Kemenpar terlihat hikmat mengikuti jalannya upacara.
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button