Economic

Pimpin Apel Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Lebaran, Mendag Berpesan Waspadai Lonjakan Permintaan

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, mengungkapkan bahwa secara umum menjelang perayaan Lebaran tahun 2024, harga barang kebutuhan pokok (bapok) cenderung turun dan stabil. Pernyataan ini disampaikannya dalam Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idulfitri 2024, di Jakarta pada hari Senin, 1 April.

Dalam acara tersebut, hadir juga sejumlah pejabat tinggi seperti Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, Plt. Kepala Badan Pusat Statistik, Amalia Adininggar Widyasanti, Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Tomsi Tohir Balaw, serta Direktur Utama Bulog, Bayu Krisnamurthi.

Mendag mengingatkan semua pihak diminta tetap mewaspadai terjadinya lonjakan permintaan pada saat
Lebaran dan pasca-Lebaran, kendati harga komoditas mengalami penurunan.

“Mendekati hari ke-21 Ramadan, Alhamdulillah harga bapok cenderung turun. Saya hampir setiap pagi ke pasar dan melihat bahwa kecenderungan harga bapok sudah mulai menurun. Saya ingin berterima kasih kepada Mentan, Kepala Bapanas, Satgas Pangan, Kemendagri, serta para kepala daerah atas kerja sama yang baik. Karena ini adalah hasil kolaborasi,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan juga memperingatkan para pemangku kepentingan untuk tetap waspada terhadap lonjakan permintaan yang mungkin terjadi menjelang Lebaran dan setelahnya.

“Saya sudah beberapa kali menghadapi Lebaran dan Hari Besar Keagamaan Nasional lainnya, Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Namun, sebagai negara besar, ada beberapa aspek yang masih cukup tinggi. Oleh karena itu, kita harus tetap waspada karena permintaan akan meningkat jelang Lebaran. Setelah Lebaran juga perlu diwaspadai karena banyak yang mudik dan berlibur,” tambahnya.

Selain itu, Mendag Zulkifli Hasan juga menyerukan kepada para kepala daerah untuk memperhatikan distribusi bapok guna menjaga stabilitas harga.

Lebih lanjut, Mendag  menekankan pentingnya memperhatikan keseimbangan harga barang kebutuhan pokok (bapok). Tidak hanya mengatur harga tinggi, tetapi juga harus memperhatikan harga yang terlalu murah agar petani tidak mengalami kerugian.

“Para kepala daerah perlu memperhatikan distribusi agar harga yang murah tidak terlalu rendah dan yang tinggi tidak terlalu tinggi,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Dia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak atas kerja sama yang telah terjalin dalam menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok menjelang perayaan Lebaran.

“Semoga perayaan Lebaran tahun ini berjalan lancar dan semua pihak merasa bahagia,” tambahnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button