Headline News

Potensi Alam Dan Bahari Morotai di Gadang Jadi Wisata Kelas Dunia

Keasrian dan masih alaminya potensi wisata alam di Pulau Morotai, Maluku Utara akan ditargetkan Kementrian Pariwisata (Kemenpar) menjadi destinasi wisata kelas dunia. Keelokan alam ditambah sedikit menu mistis, mulai dari laut dan pantai perawan sampai kisah sejarah Perang Dunia menjadikan kabupaten ini layak menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Pokja 10 Top Destinasi prioritas Pulau Morotai Arie Suhendro Yang didampingi Ketua Pokja Hiramsyah Sambudhy Thaib menjelaskan bahwa levelnya akan didorong sejajar dengan beragam kota wisata dunia satu level dengan Dubai, Abu Dhabi, Hongkong dan Singapura yang sukses dengan statusnya senagai Hub Countries.

“Karenanya tanggal 1 Juni 2016 akan ada launching untuk Wonderful Morotai Island 2016. Evennya sendiri akan dilakukan 26 September – 20 Oktober 2016, bersamaan dengan merapatnya yacht ke Morotai,” terang Pokja 10 Top Destinasi prioritas Pulau Morotai Arie Suhendro Yang didampingi Ketua Pokja Hiramsyah Sambudhy Thaib.

Morotai mempunyai lokasi yang sangat strategis. Di sebelah utara, Morotai diapit di tengah-tengah Jepang – Korea – Taiwan – Philipina – Tiongkok. Di barat, ada Singapore dan negara Asean lain. Di selatan, ada Australia – New Zealand. Di timur, ada Republik Kep Palau serta negara-negara kepulauan di Pasifik. Kawasannya dinilai punya potensi besar untuk meraih pendapatan sebesar US$ 17.000 seperti Republik Kepulauan Palau di utaranya.

“Kami akan terus memperkuat 3A. Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas.Atraksinya dimulai dengan tiga daya tarik wisata tadi. Pada saat sudah tercapai target minimal, bergerak ke yang lain, karena banyak daerah wisata yang bisa dikunjungi di Morotai,” tambah Arie.

Saat ini, Pokja 10 Destinasi prioritas Pulau Morotai sudah menyiapkan 24 pulau kecil yang akan dikembangkan. Sebanyak 19 di antaranya adalah lokasi diving. “Aksesibilitas yang dikembangkan adalah akses udara, akses laut, akses darat. Fokus utama saat ini adalah bandara. Dari tidak ada penerbangan ke Morotai, sejak tanggal 18 Maret 2016 ada satu kali penerbangan per minggu untuk 18 seat dengan Dimonim Air. Sejak tanggal 27 April 2016 meningkat menjadi tujuh kali per minggu untuk 70 seat dengan Wings Air,” urai Arie.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close