Presiden Tunjuk Basuki Hadimuljono dan Raja Juli Antoni sebagai Plt Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN

0

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). Bersamaan dengan itu, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni, ditunjuk sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

Penunjukan ini menyusul pengunduran diri Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dari posisi Kepala dan Wakil Kepala OIKN. Pengumuman penting ini disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dalam konferensi pers yang diadakan di Kantor Presiden, Jakarta, pada Senin (03/06/2024).

Pratikno menjelaskan bahwa keputusan tersebut adalah respons cepat terhadap kekosongan kepemimpinan di Otorita IKN. “Presiden mengangkat Menteri PUPR Pak Basuki sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan juga mengangkat Wakil Menteri ATR sebagai Wakil Kepala Otorita IKN,” kata Pratikno.

Langkah ini diambil setelah Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe secara resmi mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya. Menurut Pratikno, Presiden Jokowi menerima surat pengunduran diri dari Dhony Rahajoe terlebih dahulu, yang kemudian disusul oleh surat pengunduran diri dari Bambang Susantono. “Ini terkait dengan kepemimpinan di Otoritas IKN. Beberapa waktu yang lalu, Bapak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Pak Dhony selaku Wakil Kepala Otoritas IKN,” ungkap Pratikno. “Kemudian, beberapa waktu berikutnya, Pak Presiden juga menerima surat pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN,” sambungnya.

Untuk mengisi kekosongan posisi tersebut, Presiden Jokowi segera mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) yang menetapkan pemberhentian dengan hormat bagi Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe. Pratikno menegaskan bahwa Keppres ini juga menyertakan ucapan terima kasih yang tulus atas pengabdian dan dedikasi keduanya selama menjabat.

“Pada hari ini telah terbit Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan juga Bapak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. Disertai ucapan terima kasih atas pengabdian beliau-beliau,” jelas Pratikno.

Penunjukan Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN menunjukkan komitmen Presiden Jokowi untuk memastikan keberlanjutan dan kelancaran proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara. Dengan pengalaman panjang dan rekam jejak yang solid dalam berbagai proyek infrastruktur, Basuki diharapkan mampu membawa visi pembangunan ibu kota baru yang lebih modern dan berkelanjutan.

Sementara itu, Raja Juli Antoni, dengan latar belakang di bidang agraria dan tata ruang, akan mendukung upaya ini dengan fokus pada aspek-aspek strategis tata ruang dan pertanahan.

Kedua tokoh ini diharapkan dapat berkolaborasi secara efektif untuk meneruskan program-program strategis yang telah dirancang bagi pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *