Headline NewsPageantsTourism

Putri EL JOHN Pageants Promosikan Pariwisata dan Budaya Indonesia di Pemilihan Miss Earth 2018

Pemilihan Miss Earth 2018  di Manila, Filipina telah berakhir pada tanggal 3 November 2018 lalu. Di kontes paling bergengsi di dunia itu,  Indonesia diwakili  Putri binaan EL JOHN Pageants yakni Miss Earth Indonesia 2018  Ratu Vashti Annisa. Wanita yang akrab disapa Vashti ini, harus menjalani masa karantina sebulan penuh yang dimulai tanggal 6 Oktober 2018.  Di kontes ini, Vashti mendapat award dari dua sponsor yakni sponsor make up Everbilena dan sponsor skin care Psalmstrei.

Ada 83 finalis dari berbagai negara yang ikut dalam karantina ini. Selama karantina, pihak penyelenggara membagi para finalis menjadi tiga group yakni Fire, Wine dan Water. Vashti masuk di  grup water bersama 28 finalis lainnya.

Banyak kegiatan yang dilakukan vashti bersama finalis salah satunya adalah mempresentasikan perubahan iklim bumi, dampak dan penanggulangannya kepada mahasiswa Cavite Star University Silang Campus, Filipina. Dalam kegiatan ini, Vashti bersama rekannya berhasil menyabet gelar Best Presentation.

Vashti mengatakan banyak kenangan yang tak terlupakan selama masa karantina.  Keseruan vashti bersama finalis lain di masa karantina ini menjadi obat rindu keluarga dan tanah air.

“Karantina Miss Earth termasuk panjang ya, satu bulan Sebenarnya yang tak terlupakan itu, setiap harinya kita ber-29 itu, pasti ada saja kegiatan seru  yang kita lakukan. Misalnya setiap dinner kita selalu karaoke. Karena suntuk  juga ya sebulan, jadi kita itu selalu cari cara untuk bikin kita seru-seruan,” kata Vashti saat diwawancara Tim Liputan El John News beberapa waktu lalu.

Masa karantina ini, dimanfaatkan oleh kata wanita kelahiran 1995 itu untuk memperkenalkan pariwisata dan budaya Indonesia. Banyak cara yang dilakukan Vashti untuk mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia kepada para finalis, salah satunya adalah Vashti selalu mengenakan batik selama masa karantina. Bahkan, Vashti juga sempat membagikan batik kepada seluruh finalis.

“Selama karantina itu, aku selalu hampir pakai baju batik. Dan karena aku bawa baju lebih itu banyak juga  teman-teman yang pinjam. Jadi itu sudah cara aku  untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke sana. Dan kyang aku bawa,  aku bagi-bagikan ke 87 finalis itu salah satunya. Itu batik Wonderful Indonesia dari daerah-daerah di Indonesia,” ungkap Vashti.

Selain itu, kepada para finalis, Vashti juga sering menceritakan tentang destinasi wisata menarik di  Indonesia. Menurut Vashti ada beberapa finalis yang belum tahu Indonesia, namun setelah  dijelasakan ada yang ingin berkunjung ke Indonesia.

“Setiap obrolan ada yang tanya kalau ke Indonesia itu kemana, ke Bali ya. Aku jawab Bali bagus, tapi coba yuk kita Pulau Komodo. Memang ada apa di Pulau Komodo, terus aku jelasin Komodo itu hanya  di Indonesia. Selain Komodo,  Sumba juga, Raja Ampat untuk orang-orang yang suka senorking sama daving juga aku ceritakan. Terus mereka surprise setiap aku kasih tau. Mereka janji akan datang sih,” ujar Vashti.

Mempromosikan  pariwisata dan budaya Indonesia yang dilakukan Vashti ini tak lepas dari pesan yang disampaikan Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Johnnie Sugiarto. Dalam jumpa pers saat keberangkatan Vashti ke Filipina, di Best Western Hotel Mangga Dua, Jakarta, Jumat, 5 Oktober 2018 lalu, Johnnie mengatakan keikutsertaan Ratu ini akan meningkatkan sisi pariwisata Indonesia. Karena, menurutnya bila segala sesuatunya yang ditampilkan oleh Vashtui menjadi viral, maka Indonesia akan semakin dikenal oleh masyarakat dunia.

“Dunia akan mengenal budaya Indonesia yang sangat hebat itu, karakter tidak bagus, secantik apapun tidak ada gunanya. Jadi intinya membekali (Ratu Vashti Annisa) menjadi wanita Indonesia yang berbudaya dan anggun,” kata Tokoh Pariwisata Nasional ini.

Tak hanya itu,  menurut Johnnie busana yang dipakai Ratu merupakan salah satu fokus untuk mengenalkan budaya di Indonesia. Karena busana yang dipakai Ratu, desainnya sudah mewakili apa yang menjadi ciri khas Indonesia.

“Lalu kami bekali dengan membuatkan National Costume. Ini akan menjadi kekuatan Indonesia. Indonesia harus naik ke panggung dunia. Biar dunia tahu siapa Indonesia,” ujarnya.

Dalam pemilihan Miss Earth Indonesia ini, Vashti  mengenakan busana karya desainer ternama di Indonesia. Busana-busana itu yakni, National Costume, rancangan desainer Inggi Kendran dengan tema “Bhakti Ring Segoro Kiduil”. Kemudian ada busana Goddes of The Earth  ciptaan desainer Annisa Febby Banyuwangi yang membuat Busana Goddes of The Earth  dengan tema “Ratu Candra Darani” artinya Ratu Bumi yang Bersinar. Dan busana Evening Gown  yang dibuat oleh desainer Allegria and Julian.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button