AccommodationEconomicTransportation

Rute Baru Sriwijaya Air “Makassar-Semarang” Dapat Apresiasi Dari Menpar

Menteri Partiwisata Arief Yahya tak henti-hentinya untuk menggaungkan Spirit Indonesia Incorporated kepada semua pelaku industri pariwisata termasuk perusahaan maskapai penerbangan. Spirit Indonesia Incorporated yang digelindingkan Menpar ini mencangkup beberapa aspek, salah satunya air connectivity. Menpar mengaku pariwisata tidak akan berkembang tanpa dukungan dari konektivitas udara.

Usulan Menpar itu pun ditanggapi secara serius oleh maskapai penerbangan Sriwijaya Air dengan membuka rute baru yakni Makassar-Semarang PP. Rute baru ini akan mulai beroperasi pada hari Jumat, 28 April 2017.

Sudah pati kemudahan, kecepatan dan kenyamanan penumpang yang diprioritaskan Sriwijaya Air dalam setiap menjalankan tugasnya. Begitu juga dengan rute baru ini. Hadirnya rute baru Sriwijaya Air ini nantinya akan memberikan kemudahan dan mempersingkat waktu perjalanan seluruh pelanggan karena tidak perlu singgah atau berhenti di kota lainnya terlebih dahulu.

Senior Corporate Communications Manager Sriwijaya Air Group Agus Soedjono mengatakan, hadirnya rute baru ini dalam rangka memberikan pelayanan terbaiknya kepada para pelanggan yang hendak melakukan perjalanan dari Makassar ke Semarang maupun sebaliknya.

“Dengan beroperasinya rute baru ini maka jumlah layanan penerbangan dari Makassar maupun Semarang bertambah,” kata Agus.

Dengan rute baru ini makan destinasi penerbangan Sriwijaya Air bertambah menjadi 19 destinasi. Destinasi yang dimaksud yakni Makassar menuju Semarang, Denpasar, Banjarmasin, Jakarta, Surabaya, Palu, Gorontalo, Ternate, Sorong, Kendari, Ambon, Biak, Jayapura, Luwuk, Balikpapan, Manokwari, Timika, Merauke dan Yogyakarta.

Sedangkan untuk layanan penerbangan Sriwijaya Air dari Semarang yakni menuju Makassar, Surabaya dan Jakarta.
Ada alasan kuat kenapa Sriwijaya Air memilih rute Makassar-Semarang dibandingkan rute lain. Agus pun menjelaskan alasan tersebut yakni setelah dicermati arus perjalanan antar dua kota tersebut semakin padat seiring dengan berkembangnya kota Semarang sebagai destinasi wisata dan perannya sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia. Kondisi itulah yang membuat para akademisi dan wisatawan asal Makassar naksi untuk bepelesiran ke Kota Lumpiah itu.

“Begitu juga untuk arus sebaliknya, jumlah pekerja asal Semarang yang mencari nafkah di Makassar maupun beberapa kota lain di bagian timur Indonesia terhitung cukup banyak,” ucap Agus.

Diresmikannya rute baru Makassar Semarang PP milik Sriwijaya Air, tambah Agus, diharapkan dapat menjadi kontribusi nyata dalam mendukung perkembangan ekonomi nasional dan industri pariwisata, serta menjadi tonggak bagi arus orang dan barang di Indonesia.

“Penerbangan dari Semarang ke Makassar memiliki jaringan penerbangan lanjutan ke berbagai destinasi Sriwijaya Air yang ada di tanah Papua maupun wilayah timur lainnya. Dengan demikian, jarak dari Semarang ke bagian paling ujung Indonesia menjadi lebih dekat,” ujar Agus lagi.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya yang sedang melakukan kunjungan kerja di Bangkok dan Phuket, mengapresiasi pembukaan rute baru Semarang-Makassar dari Maskapai Sriwijaya Air.

“Pariwisata itu punya prospek paling cerah. Karenanya program prioritas Kemenpar harus didukung. Khusus air connectivity, saya juga berharap, Sriwijaya terus mengembangkan banyak rute terutama di 10 destinasi prioritas,” ujar Menpar Arief Yahya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button