Healthy Life

Setelah Nyepi, Bali Akan Mulai Tes Mandiri Covid-19

Pemerintah Provinsi Bali siap melakukan tes virus corona atau covid-19 secara mandiri pada Kamis (26/3/2020) atau setelah Nyepi di RSUP Sanglah Denpasar.

Kepala Satgas covid-19 Bali Dewa Made Indra mengatakan, reagen telah datang dan hari ini sudah dilakukan uji coba oleh laboratorium RSUP Sanglah dan tim dari Fakulitas Kedokteran Universitas Udayana. Dengan demikian, sampel swab para pasien terkait Covid-19 di Bali tak perlu dikirim ke Jakarta dan cukup dibawa ke RSUP Sanglah.

“Pihak laboratorium Sanglah dan fakultas kedokteran Universitas Udayana ingin memastikan bahwa mulai Kamis tanggal 26 Maret, laboratorium uji atau tes Covid-19 ini sudah bisa digunakan,” kata Indra.

Sementara itu, terkait rapid test Bali masih menunggu kedatangan alatnya.Direncanakan alat ini akan tiba pada Minggu (28/3/2020) mendatang.  Indra mengatakan, tak semua warga bisa menjalani tes ini. Pihak yang diprioritaskan adalah para pekerja migran Indonesia (PMI) asal Bali yang baru tiba di Bali, terutama yang dikarantina.

Kemudian, orang dalam pemantauan yang sempat kontak dekat dengan pasien positif Covid-19 dan para tenaga medis dan staf yang menangani kasus virus corona di Bali. Menurut Indra, para tenaga medis menjalani tes untuk meyakinkan apakah terinfeksi atau tidak.

“Sehingga dengan demikian mereka dapat dengan tenang melaksanakan tugasnya,” kata dia.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close