Headline News

Siap Menerima Wisatawan MICE, Fasilitas di Daerah Gencar Dipromosikan

Sebagai upaya memperkuat koordinasi para stakeholder dalam wujudkan Indonesia sebagai destinasi MICE kelas dunia. Kementrian Pariwisata (Kemenpar) memperkuat barisan dengan para stackeholder untuk mempersiapkan dan mempromosikan fasilitas-fasilitas yang kini sudah ada di daerah.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Bisnis dan Pemerintah, Deputi BP3N Kemenpar, Tazbir mengatakan kegiatan MICE dalam negeri terus meningkat terutama di lingkungan korporasi atau bisnis dan pemerintahan baik yang diselenggarakan sendiri maupun diserahkan kepada event organizer atau PCO (Professional Conference Organizer). “Peningkatan kegiatan MICE dalam negeri ini telah menciptakan peluang pasar yang besar bagi para PCO di Tanah Air. Pangsa pasar di dalam negeri yang tumbuh besar menjadi kekuatan untuk memenangkan bisnis MICE global utamanya di kawasan Aspak,” kata Tazbir saat Rapat Koordinasi konvensi, insentif, pertemuan, dan even atau MICE 2016, di Redtop Hotel, Jakarta, Rabu (1/6).

Tazbir menambahkan, meningkatnya kegiatan MICE di dalam negeri antara lain karena banyak daerah yang kini memiliki fasilitas konvensi dan pertemuan yang representatif. “Fasilitas MICE di daerah gencar dipromosikan. Daerah gencar menawarkan diri sebagai daerah yang siap dikunjungi wisatawan MICE,” beber Tazbir.

Rakor MICE menghadirkan sejumlah nara sumber dari kalangan praktisi dan akademisi antara lain; Ketua Umum DPP INCCA Iqbal Alam Abdullah memaparkan materi “Strategi Pengembangan Destinasi Wisata MICE di Indonesia” , praktisi dan pelaku bisnis MICE dari Bali Ida Bagus Lolec memaparkan “Kesiapan Pengembangan Destinasi MICE Daerah” dan akademisi pariwisata Santy Palupi memaparkan “ Industri MICE”. Rakor diikuti sekitar 150 peserta antara lain Kepala Dinas Pariwisa dari 35 Provinsi di Indonesia, pelaku bisnis pariwisata, asosiasi pariwisata (ASITA, PHRI, INCCA, ASPERAPI) , perguruan tinggi, JCC, ICE BSD, JIExpo, media, dan pejabat dan staf di lingkungan Asdep Bisnis dan Pemerintah Kemenpar.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button