Soal Pilkada Jateng, Puan Sebut Nama Andika Perkasa Masuk Radar PDIP

0

Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani menanggapi wacana duet eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan kader PDIP Jenderal (Purn) Andika Perkasa di Pilgub Jakarta mendatang. Apa kata Puan?

“Menarik,” kata Puan singkat sambil tersenyum. Hal itu disampaikan Puan saat ditanya wartawan usai menghadiri Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, belum lama ini,

Mengenai kemungkinan PDIP akan bekerja sama dengan PKB di Pilgub Jakarta, Puan menyatakan hal tersebut bisa saja terjadi.

“Bisa saja selama memenuhi kuota yang ada. Dalam artian persyaratan dan mekanismenya itu mencukupi. Bukan tidak mungkin, politik kan dinamis,” ujar perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Adapun PDIP dinilai akan membuat poros baru dengan PKB di Pilgub Jakarta karena PKS seperti telah mengunci Anies Baswedan untuk berpasangan dengan kadernya, Sohibul Iman. PDIP masih menunggu perkembangan dinamika politik.

“Nanti, masih dua bulan lagi. Sekarang semua partai masih survei, lihat kondisi lapangan, masih komunikasi dengan semua, dinamika masih naik turun,” sebut Puan.

“Kita ingin semua bagaimana kemudian pasca pemilu menuju pilkada semua dilakukan secara kondusif. Belum lagi ke depan itu mau ada 17-an dan lain-lain, kita semua masih menghitung, berhitung dan berusaha. Menjalankan ini dengan sebaik-baiknya,” lanjutnya.

Terkait nama Andika Perkasa yang juga disebut memiliki kans untuk Pilgub Jawa Tengah (Jateng), Puan memastikan nama eks Panglima TNI itu memang masuk dalam radar PDIP untuk Pilkada Jateng.

“Ya nama (Andika) yang kemudian sekarang muncul,” ucap Puan menjawab pertanyaan soal kans Andika Perkasa di Pilgub Jateng.

Ditambahkan cucu Bung Karno ini, nama Andika Perkasa memang masuk sebagai kandidat yang akan dimajukan PDIP dalam Pilkada. Meski begitu apakah Andika akan disodorkan untuk Pilkada Jakarta atau Pilkada Jateng, kata Puan, hal tersebut masih menunggu perhitungan yang paling pas dari PDIP.

“Pak Andika menjadi salah satu calon yang nanti akan kita lihat baiknya itu akan kita calonkan di mana karena pilkada ini orangnya, wilayahnya sangat berbeda-beda dan tidak bisa kemudian satu nama itu hanya di satu wilayah. Jadi semua itu punya kekhasan dan tergantung di mananya,” paparnya.

Puan mengatakan, peluang Andika maju di Pilkada bisa di mana saja. Ia juga menyebut Andika sudah siap untuk dimajukan di Pilkada, walaupun belum ada pembicaraan resmi di forum DPP.

Sementara itu, para calon yang masuk dalam radar PDIP untuk maju di Pilkada disebut sebagian sudah ada yang melakukan pemanasan.

“Ada yang sudah melakukan, ada yang belum melakukan. Ini masih Agustus ya jadi kita lihat dulu gimana nanti di lapangan,” tutup Puan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *