BusinessDestinationHeadline NewsTourismTravel

Tour de Moluccas 2017 Diyakini Dapat Promosikan Wisata Maluku

Jika tahun ini anda akan berlibur ke Maluku, coba  rencanakan liburan anda pada pertengahan September 2017. Pasalnya pada pertengahan September, Maluku akan diramaikan dengan event  Tour de Moluccas (TdM) 2017. Event olahraga bersepeda bertaraf internasional  ini akan digelar pada tanggal 8-22 September 2017 dan telah diluncurkan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rabu, 10 Mei 2017. Event ini diluncurkan oleh  Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Gubernur Maluku Said Assagaf

Meski baru pertama kali digelar di Maluku, namun Gubernur Maluku Said Assagaf yakin event berbasis pariwisata ini,  dapat menjadi kegiatan strategis untuk mempromosikan pariwisata Maluku baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Lomba balap sepeda mempunyai daya pikat tinggi dalam mengangkat wisata karena menciptakan eksposur media yang besar dan dapat mengundang minat untuk mengunjungi tempat-tempat dilalui lomba yang akan  melintasi 3 kabupaten dan 1 kota madya di wilayah Maluku,” ujar dia.

Said Assagaf mengatakan, potensi pariwisata Maluku yang bertumpu pada daya tarik alam (nature) terutama marine tourism, daya tarik budaya (culture) dan wisata buatan (manmade) terus ditingkatkan dengan memperkuat daya saing melalui unsur 3 A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) yang dampaknya akan meningkatkan kunjungan wisatawan. “Kunjungan wisman ke Maluku pada 2016 yang lalu mencapai  137.590 wisatawan terdiri 15.015 wisman dan 122.575 wisnus,” ungkao Said Assagaf.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan event sport tourism internasional TdM 2017 yang mentargetkan 120 pembalap dari 30 negara termasuk Indonesia.

 

“Event sport tourism mempunyai  nilai pemberitaan (news value) yang tinggi sehingga menjadi sarana promosi efektif serta memberikan dampak langsung (direct  impact) pada ekonomi masyarakat termasuk pula mendorong percepatan pembangunan infrastruktur jalan yang akan dilalui peserta,” kata Menpar

Menpar  menjelaskan, keberhasilan penyelenggaraan sport tourism balap sepeda internasional seperti TdM 2017 adalah pada publikasi, selain manajemen penyelenggaraan lombanya itu sendiri. “Karena menjelang waktu penyelenggaraan yang  relatif pendek hanya 4 bulan strategi promosi dan publikasi harus digencarkan,” ujar Menpar.

Dalam event ini, pihak penyelenggara menyediakan total hadiah sebesar Rp 1,5 miliar buat para peserta yang berpartisipasi.

“Sebenarnya ada 47 tim dari dalam dan luar negeri yang mendaftar, tetapi kami hanya bisa mengundang 20 tim karena keterbatasan hotel dan sebagainya,” ujar Jamaludin Mahmud selaku Penasihat Teknik Tour de Moluccas 2017.

Sepanjang perlombaan, para peserta bakal melewati sejumlah spot yang menyajikan pemandangan indah, di antaranya Pantai Namalatu, Pantai Matakus, dan berbagai destinasi lainnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button