TourismTransportation

Transportasi ke Pantai Sawarna dan puaskan anda dengan pemandangannya yang tiada tara

pantai-sawarna

Lanskap keindahan alam terselip menghadap Samudera Hindia. Pantainya berpasir putih, berair biru jernih dan berbukit hijau nan lebat. Panjang pantainya mencapai 65 km dihiasi karang dan pasir putih. Pantai ini adalah pantai terindah dari lima pantai yang dimiliki Provinsi Banten. Sawarna nama pantainya, berada di sebuah desa pesisir yang memiliki berbagai macam objek wisata menarik untuk dikunjungi seperti pantai, sungai, hutan, panjat tebing, gua, dan agrowisata. Wilayah pesisir indah ini menyatu dengan kisah mistis Nyai Roro Kidul dan ekploitasi batu bara di Bayah dan Lebak oleh penjajah asing.

Desa Wisata Sawarna merupakan titik awal Anda menjelajah alam yang elok hingga pengalaman berinteraksi dengan masyarakat tradisionalnya yang bersahaja. Pantai Sawarna terletak di wilayah Kampung Gendol, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pantai indah ini jaraknya sekitar 150 km dari pusat kota Rangkasbitung. Berwisata di pantai ini sangat menyenangkan dan berkesan karena alamnya masih asli juga memiliki air laut yang jernih tidak tercemar.

Pantai Sawarna, ada yang pernah mendengar pantai ini? Beberapa waktu lalu, sekilas Pantai Sawarna ini pernah dibahas. Pantai Sawarna merupakan pantai di Banten Selatan. Pantai ini sering disebut-sebut sebagai Hidden Paradise. Letaknya yang jauh dan masih sangat alami ini menjadi pantai yang banyak direkomendasikan jika berada di Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Anda dapat menaiki bus ke Bogor terus ke Pelabuhan Ratu. Dari Pelabuhan Ratu ada kendaraan Elf yang akan langsung mengantarkan Anda ke Sawarna dengan membayar ongkos sekitar Rp25.000,00. ingat elf yang lewat ke pantai sawarna cuman ada 1 jadi wisatawan harus sudah berada di pelabuhan ratu kira2 jam 11 , kalau elf yang ke bayah banyak sampai sore jam 5 ada terus entar turun di simpang ciawi dan naik ojek sekitar 30 ribu , tapi kalau anda lebih dari 5 orang biasanya elf yang ke bayah siap antar anda langsung ke pantai sawarna.

Anda dapat menaiki bus langsung ke Sukabumi terus naik bis lagi ke Pelabuhan Ratu. Dari Pelabuhan Ratu ada kendaraan Elf yang akan langsung mengantarkan Anda ke Sawarna dengan membayar ongkos sekitar Rp25.000,00. ingat elf yang lewat ke pantai sawarna cuman ada 1 jadi wisatawan harus sudah berada di pelabuhan ratu kira2 jam 11 , kalau elf yang ke bayah banyak sampai sore jam 5 ada terus entar turun di simpang ciawi dan naik ojek sekitar 30 ribu , tapi kalau anda lebih dari 5 orang biasanya elf yang ke bayah siap antar anda langsung ke pantai sawarna. Pantai Sawarna merupakan pantai yang berada di ujung wilayah Banten. Untuk mencapai pantai ini butuh perjalanan yang sangat panjang. Tentu saja belum bisa ditempuh dengan menggunakan peswat terbang. Alternatifnya, pilih apakah ingin menggunakan kendaraan umum atau pribadi yang lebih baik motor.

Jika anda memilih menggunakan kendaraan pribadi, lebih disarankan dengan motor. Memang lebih lelah, tapi kondisi jalan dari menuju Pantai Sawarna dari mulai pintu masuk tidak memungkinkan. Biasanya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua. Jalurnya ada dua, bisa melalui Serang dan bisa melalui Pelabuhan Ratu. Jika dari Serang, anda melaju terus menuju Rangkas Bitung atau Pandeglang. Terus lajukan kendaraan sampai Gunung Kencana, Malimping, dan Bayah. Dari Bayah baru langsung lanjut menuju Sawarna. Perjalanan menggunakan kendaraan umum akan lebih rileks tentunya. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan sopir yang sudah biasa melalui jalur-jalur menuju Pantai Sawarna.

Kendaraan umum dari Jakarta menuju Serang bisa menggunakan bus sampai Terminal Pakupatan. Harganya bisa Rp 20.000 hingga Rp 30.000, lupa. Dari sana, lanjut mobil Elf yang menuju ke Malimping atau ada mobil yang langsung menuju Bayah dengan harga yang kurang lebih sama. Namun mobil ini sangat jarang dan ada waktu tertentu. Setelah sampai di Malimping, sambung angkot menuju Bayah dan nanti dari Bayah menuju Sawarna anda bisa menggunakan angkot lagi seharga Rp 5.000 dan nantinya masuk menuju Pantai dengan ojek sekitar Rp 15.000 kurang lebih selama 30 menit. Total lama perjalanan dari Jakarta sekitar 5 sampai 7 jam perjalanan kurang lebihnya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close