DestinationTransportation

Transportasi Kuda Akan Segera Dikembangkan Sebagai Daya Tarik Wisata di NTT

Inovasi dalam pengembangan pariwisata di suatu daerah harus selalu diusahakan. Hal ini untuk memberikan ketertarikan bagi wisatawan yang akan melakukan kunjungan. Kali ini Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara (Timur Pemprov NTT) memiliki ide yang cukup unik yaitu mendorong pemanfaatan kuda yang nantinya akan dijadikan sarana transportasi bagi wisatawan di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Provisi NTT yaitu Marius Ardu menjelaskan bahwa pemanfaatan para peternak kuda menjadi hal yang harus diperhatikan sehingga nantinya bisa membuka peluang potensi daya tarik di daerahnya.

Banyaknya peternak kuda yang ada di NTT sehingga hal ini merupakan peluang sehingga bisa dikembangkan konsep baru dengan pemanfaatan transportasi kuda yang nantinya akan direalisasikan oleh Pemprov NTT.

“Kami ingin peternak kuda bisa menyediakan layanan transportasi bagi wisatawan yang berlibur ke Pulau Sumba, Flores, Timor dan lainnya,” kata Marius.

Ini merupakan tantangan tersendiri bagi wisatawan mancanegara dan nusantara dengan  pemanfaatan kudasebagai moda transportasi. Selain itu hal ini dinilai bisa memberi keuntungan bagi para peternak kuda di NTT. Serupa dengan konsep kesuksesan wisata berkuda ada di Gunung Bromo di Jawa Timur.

“Ini bisa difasilitasi lewat agen perjalanan wisata setempat, tinggal kuda-kuda itu dihias dengan baik dan disediakan pula pakaian adat untuk wisatawan kemudian kita jual sebagai paket wisata,” tambah Marius.

Marius menjelaskan untuk menuju Kampung Adat Bena, Waerebo, dan Persawahan Cancar yang sulit  dijangkau mobil maupun sepeda motor bisa dengan mudah dilalu dengan cara berkuda. Apalagi di NTT terhampar pemandangan pulau dan pantai yang indah dan nantinya Wisatawan akan bisa menikmati berkuda melewati medan berbukit  menikmati keindahan dan udara segar disana.

“Misalnya satu keluarga yang berwisata dan ingin menunggangi kuda beramai-ramai tentu akan menjadi kesenangan tersendiri buat mereka,” tukas Marius.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button