Headline News

Untar Bersama Enam Institusi Perusahaan dan Pendidikan Teken MoU Untuk Perkuat Program MBKM

Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan empat institusi perusahaan dan dua institusi pendidikan di sela-sela acara Wisuda ke-78 di Gedung  Jakarta Convention Centre, Senayan, Minggu (28/11/2021). 

Keempat institusi perusahaan tersebut, yakni PT. Gema Graha Sarana Tbk. (VIVERE GROUP), PT. Astra Honda Motor, PT. Bina Karya Prima dan PT. Duraquipt Cemerlang. Sedangkan untuk dua institusi pendidikan yang ikut menandatangani MoU yaitu SMA Katolik Santo Kristoforus 1 dan SMA Kristen Yusuf.

MoU ini,  ditandatangani langsung oleh Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN Eng. Untuk empat institusi perusahaan dan dua institusi pendidikan yang menandatangani MoU ini adalah Direktur Utama PT. Gema Graha Sarana Tbk /CEO & Founder VIVERE Group Ir. Dedy Rochimat, M.M,  HR Division Head  PT. Astra Honda Motor  Lucas Prana Sunarja, S.T., Direktur PT. Bina Karya Prima Jeffry Riady, Direktur PT. Duraquipt Cemerlang Ir. Suharto, M.T., IPU., Kepala Sekolah SMA Katolik Santo Kristoforus 1 F.X. Sri Wahyudi, S.Pd. dan Kepala Sekolah SMA Kristen Yusuf Vendi, M.M, M. Pd.Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN Eng mengatakan MoU dijalani  untuk  memperkuat program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Pemerintah. Tidak hanya bermanfaat bagi perguruan tinggi namun program ini juga memberikan dampak positif bagi dunia industri dan sekolah.

“Hari ini kami menandatangani MoU dengan enam institusi, ada dari perusahaan, yang dapat dijadikan  menjadi tempat mahasiswa magang, kerja praktek, kemudian juga melakukan penelitian, juga ada dengan sekolah, sekolah ini SMA, di mana SMA ini juga akan membutuhkan kompetensi Universitas Tarumanagara di dalam meningkatkan kualifikasi kompetensi mahasiswa dan dosen dan juga untuk membangun link supaya nanti saat mereka sudah lulus SMA bisa bergabung di Universitas Tarumanagara,” kata Prof Agustinus saat diwawancarai tim liputan EL JOHN News usai acara wisuda.“Nanti pakar-pakar dari Untar juga akan hadir di sekolah, di perusahaan-perusahaan yang tadi membangun MoU dan mereka juga akan hadir di kampus untuk mengajar sebagai praktisi, jadi ini mutual benefit antara kami Universitas Tarumanagara dengan institusi-institusi tadi yang membangun kolaborasi MoU,” sambungnya.

Penandatanganan MoU ini disambut baik oleh Direktur Utama PT. Gema Graha Sarana Tbk /CEO & Founder VIVERE Group Ir. Dedy Rochimat, M.M. Kepada tim liputan El John News, Dedy Rochimat mengatakan Kerjasama ini dapat melengkapi kebutuhan yang dimiliki perguruan tinggi dan dunia industri.“Saya kira kerjasama ini sangat penting antara industri dengan perguruan tinggi, kami saling membutuhkan, kami sebagai industri juga sangat membutuhkan perguruan tinggi untuk menunjang semua kegiatan kita. Kami juga sebagai industri memang ini saling membutuhkan dan kami juga bisa mensupport pada mahasiswa yang ingin praktek kerja maupun akhirnya yang mencari pekerjaan. Dan terus kita kembangkan ini menjadi suatu ekosistem,” kata Dedy Rochimat.

Menurut Dedy Rochimat, Untar merupakan perguruan tinggi yang tidak diragukan lagi reputasinya dalam mencetak lulusan terbaik yang siap terjun ke dunia kerja.“Universitas Tarumanagara ini adalah salah satu yang terus mengembangkan entrepreneurship. Saya kira ini sangat penting karena apa yang kita pelajari kita bisa kembangkan di masyarakat, di ekonominya maupun di segala bidang dan saya yakin kalau begini terus tentunya akan membangun SDM-SDM yang tanggung untuk bangsa dan negara kita tercinta ini,” ungkap Dedy Rochimat sembari mendorong perguruan tinggi lainnya untuk berkolaborasi dengan dunia usaha.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button