Wapres Ma’ruf Amin Ajak Masyarakat Papua Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada Serentak 2024

0

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat Papua untuk menjaga situasi tetap kondusif menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang dijadwalkan berlangsung pada November tahun ini. Seruan ini disampaikan Ma’ruf dalam acara pencanangan proyek-proyek strategis di Provinsi Papua Selatan. Dalam sambutannya, Ma’ruf menekankan bahwa pilkada merupakan agenda penting setelah Pemilu 2024.

“Saya berharap seluruh masyarakat Papua dapat menjaga situasi politik tetap sejuk dan damai,” ujar Ma’ruf di Merauke pada Selasa, (04/06/2024).

Menurutnya, pilkada yang berjalan dengan lancar akan menghasilkan pemimpin yang berintegritas dan mampu memajukan Papua.

Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Pendaftaran calon di tingkat kota, kabupaten, dan provinsi akan dibuka mulai 27 hingga 29 Agustus 2024. Ma’ruf menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pilkada berlangsung.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Hadi Tjahjanto, mengungkapkan bahwa tiga provinsi di Papua dianggap rawan terhadap gangguan keamanan selama pilkada. Ketiga provinsi tersebut adalah Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Barat Daya, yang diketahui sering menghadapi gangguan dari kelompok bersenjata.

“Karena itu, TNI dan Polri akan berupaya keras untuk mengantisipasi dan memastikan bahwa pilkada dapat berlangsung aman dan lancar,” ujar Hadi Tjahjanto setelah mengadakan pertemuan tertutup dengan pimpinan TNI-Polri yang bertugas di Tanah Papua di Markas Kodam XVII/Cenderawasih, pada Kamis. Dalam pertemuan tersebut, berbagai masalah yang berpotensi mengganggu pilkada serentak dibahas secara mendetail.

Wilayah yang dianggap rawan termasuk Kabupaten Nduga, Paniai, dan Intan Jaya di Provinsi Papua Tengah, serta Pegunungan Bintang dan Yahukimo di Papua Pegunungan, dan Maybrat di Papua Barat Daya. Hadi menegaskan bahwa TNI dan Polri akan terus memantau dan mengamankan wilayah-wilayah tersebut serta kawasan lainnya di enam provinsi di Tanah Papua.

Untuk memastikan kelancaran tahapan pilkada serentak, Hadi juga menyebut bahwa alutsista milik TNI-Polri akan siap digunakan oleh penyelenggara, terutama untuk pengiriman logistik. Hal ini bertujuan untuk menghindari keterlambatan dan memastikan semua kebutuhan pilkada tiba tepat waktu di berbagai daerah.

Dengan dukungan penuh dari TNI-Polri dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan pilkada serentak di Papua dapat berlangsung tanpa hambatan berarti. Keamanan dan ketertiban selama proses pilkada diharapkan dapat terjaga, sehingga masyarakat dapat memilih pemimpin yang terbaik untuk kemajuan Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *